AJI Indonesia Gelar Workshop Pemahaman Sistim Jaminan Sosial

kegiatan workshop

BALIKPAPAN — Aliansi Jurnalis Independen bersama Friedrich Ebert Stiftung (FES) menggelar workshop peningkatan kapasitas dan pemahaman sistim jaminan sosial pada jurnalis di Kalimantan Timur. Kegiatan workshop ini berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini hingga 24 oktober besok, di kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. 
” Sejak tahun 2013, Aliansi Jurnalis Independen bersama FES, bekerjasama untuk memberikan peningkatan kapasitas dan pemahaman pada jurnalis di beberapa daerah terkait sistem jaminan sosial ini,” terang Alwan Ramdani selaku bidang dana usaha dan hubungan antar lembaga AJI Indonesia, Jumat (23/10/2015).
Menurutnya, media massa atau jurnalis perlu memahami dasar dan bagaimana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Bekerja. Karena dengan memberikan pemahaman tentang pola jaminan sosial bisa memberikan dampak terhadap masyarakat, sekaligus memonitoring BPJS serta ajang jurnalis bertukar pengalaman. 
Tahun ini ada beberapa kota diantaranya Medan, Samarinda, Makassar dan Batam. Dimana sebelumnya Pada tahun 2013, AJI dan FES telah menyelenggarakan kegiatan ini di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jambi, Mataram, Pontianak, Lampung, Kendari, Mamuju, Maumere, Gorontalo, dan Banyuwangi.
Alwan mengatakan workshop di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur diikuti oleh 25 jurnalis lokal cetak, online dan elektronik. Dan materi workshop didesain dengan membagi ke dalam dua bagian diantaranya bagian pendalaman isu dan bagian jurnalistik. 
Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu dari BPJS, akademisi, serta narasumber lokal dari kalangan pemerintah dan Apindo Kaltim. 
Sementara itu, salah satu jurnalis online lokal Tri widodo mengapresiasi kegiatan workshop jaminan sosial ini. Karena dengan kegiatan ini jurnalis juga paham tentang jaminan sosial nasional yang diterapkan. 
” Dengan kegiatan ini kita jadi paham apa itu jaminan sosial nasional. Siapa penyelenggaranya. Apa hak dan kewajiban apabila jadi peserta,” ujarnya. 
JUMAT, 23 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...