Aktivitas Jualan di Pinggir Jalan Pasar Ruteng Sebabkan Kemacetan

CENDANANEWS — Aktivitas penjualan ikan di Pasar Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, belakangan ini makin merambat bebas ke badan jalan raya. Tren buruk para pedagang ini menyebabkan ruas jalan di samping lokasi pasar tersebut semakin menyempit. Para pengendara benar-benar tak dapat menghindari kemacetan arus lalu lintas ketika harus melintas di ruas jalan ini.
Salah seorang pengendara sepeda motor, Rifan kepada Cendana News mengatakan, aktivitas penjualan ikan di ruas jalan samping Pasar Ruteng merupakan kecenderungan masal yang sudah cukup lama dilakukan sejumlah pedagang belakangan ini. “Mereka itu sudah biasa jual ikan di sini. Awalnya saya lihat hanya satu, dua orang. Tapi kita lihat sekarang sudah makin banyak,” katanya di Ruteng, Kamis (15/10/2015) sore.
Makin menjadi-jadinya fenomena ini, diakui Rifan, telah membuat arus lalu lintas di jalan raya tersebut cenderung macet. Para pengendara selalu harus mengurangi kecepatan kendaraannya saat melintas di sini. Bahkan laju kendaraan sesekali pula harus dihentikan tatkala volume kendaraan makin melampaui daya tampung ruas jalan.
“Memang sangat ngawur jadinya, pak. Sudah ruas jalan sempit ‘kan, ada jual ikan lagi. Malah mereka jual itu sampai makan badan jalan. Jadinya kita pengguna jalan terpaksa mengalah. Biasanya kendaraan itu seperti sedang antri saja di sini. Apalagi di sisi sebelah jalan itu dipakai untuk tempat parkir. Jadinya tambah sempit. Kemudian kalau kita lihat banyak bagian jalan sudah lubang besar,” ujar Rifan.
Dirinya sangat menyayangkan kondisi ini bisa luput dari perhatian pihak yang berwewenang untuk mengatur. Rifan berharap, pihak pemerintah bisa lebih peka memberikan tanggapan. 
“Ini ‘kan sebenarnya tidak sampai terjadi kalau pemerintah menunjukkan pengawasan ketat. Saya pikir, pemerintah mesti segera melihat masalah ini lebih serius. Kesannya, pemerintah kita di sini membiarkan keadaan ini terjadi. Jadi, harap bisa segera diatasi,” ungkapnya berharap.
Pantauan Cendana News, aktivitas penjualan ikan sudah terlihat makin ramai di pinggir ruas jalan samping Pasar Ruteng. Para pedagang ikan tersebut tampak dengan leluasa menawarkan barang dagangan kepada pengguna jalan yang lewat. Terbangunnya aktivitas transaksi yang makin ramai membuat badan jalan kian sempit hingga memacetkan arus lalu lintas. Badan jalan bahkan makin terlihat penuh sesak karena pada sebagian lain ruas jalan tersebut sudah dipakai pula sebagai lokasi parkir.
JUMAT, 16 Oktober 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...