Anna Maria : Mahasiswa Harus Lebih Memahami Pentingnya Pancasila


YOGYAKARTA — Kendati zaman sudah sedemikian maju dan konsumtif sehingga banyak generasi muda kehilangan akar budaya bangsanya sendiri, tetapi banyak pula generasi muda yang masih memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut terlihat dalam kunjungan Titiek Soeharto di Kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Kamis (8/10/2015), sore.
Anna Maria, mahasiswa fakultas ekonomi dan manajemen UST Yogyakarta, ditemui disela kesibukannya mengatur jalannya diskusi terbuka dalam rangka sosialisasi 4 Pilar MPR bersama Titiek Soeharto.
Anna Maria mengatakan, Pancasila bukan sekedar dasar negara dan ideologi bangsa yang jauh dari nilai-nilai praktis sehari-hari. Melainkan sangat bermanfaat dalam membangun kepribadiannya sebagai generasi muda, khususnya sebagai mahasiswi.
Lebih dari itu, ungkap Anna, nilai-nilai Pancasila juga menjadi sangat penting karena merupakan dasar negara dan ideologi bangsa. Kecuali itu, katanya, nilai-nilai Pancasila juga bisa menjauhkan mahasiswa dan generasi muda dari kekerasan dan aksi tawuran. 
Mahasiswa asal Maluku tersebut pun berharap, dengan hadirnya Titiek Soeharto sebagai wakil rakyat dalam sosialisasi 4 Pilar MPR di kampusnya, bisa lebih menanamkan pengetahuan mahasiswa terhadap pentingnya Pancasila. 
“Di banyak daerah, sepertinya nilai-nilai Pancasila sudah banyak luntur, tapi untuk di Yogyakarta nilai-nilai Pancasila itu masih begitu kuat”, kata Anna.
Anna mengimbuhkan bahwa ia sangat setuju jika Pancasila harus dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. 
Malahan di kampus kami, sejak semester satu sudah ada mata kuliah Pancasila”, cetusnya.

JUM’AT, 9 OKTOBER 2015
Jurnalis    : Koko Triarko
Foto  : Koko Triarko
Editor : Sari Puspita Ayu             
BACA BERITA SEBELUMNYA :
Lihat juga...