Antisipasi Banjir, Gubernur Sulut akan Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah

Pejabat Gubernur saat memberikan dana PKH
MANADO — Untuk megantisipasi banjir dan tanah longsor serta kekeringan di Sulawesi Utara (Sulut), Pejabat Gubernur Sulut Sonny E . Sumarsono akan mengumpulkan seluruh kepala daerah yang ada di Sulut, besok (13/10/2015). Hal ini ditegaskan Gubernur usai memberikan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kepada warga Manado di kantor PT Pos Indonesia Cabang Manado pada Senin (12/10/2015).
Menuurut Sumarsono, pihaknya akan mengundang seluruh kepala daerah untuk membicarakan antisipasi banjir dan kekeringan di Sulut, terutama yang bisa terjadi di daerah Kabupaten kota. 
Kata Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini, musim kemarau yang cukup panjang hingga Desember mendatang, maka resiko kebakaran harus diantisipasi sejak dini. Sumarsono mengatakan agar seluruh masyarakat Sulut bisa mengantisipasi kebakaran dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang puntung rokok disembarang, serta tidak mamasang kabel listrik sembarangan.
“Ada tiga langka yang secepatnya Pemerintah Provinsi akan lakukan yaitu mengumpulkan seluruh kepala daerah untuk mengantisipasi musim banjir dan kekeringan, kedua pembentukan satgas pengendalian banjir disemua desa, kecamatan dan kabupaten, serta ketiga menggerakan seluruh masyarakat untuk melakukan penanaman sejuta pohon di daerah yang sudah terbakar”, tegas Sumarsono.
Selain itu itu Sumarsono menyatakan jika sejuta masyarakat menanam sejuta pohon didaerah yang bekas terbakar, maka penghijauan bisa dilakukan sehingga banjir dan longsor bisa dicegah. 
“Kalau sejuta masyarakat melakukan penanaman sejuta pohon, saya yakin banjir dan longsor bisa diantisipasi sejak dini”, ungkap Sumarsono.
SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...