Balikpapan Optimis Penyerapan Anggaran Capai 80 Persen

Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi
BALIKPAPAN — Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di lingkungan pemerintah kota Balikpapan diminta terus meningkatkan proses penyerapan anggaran baik berupa penyerapan fisik maupun pelaporan keuangan. Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menargetkan penyerapan anggaran minimal dapat mencapai angka 80 persen jelang akhir tahun 2015. 
“ Dari segi fisiknya daya serap sudah cukup bagus hampir 73 persen, dari segi realisasi keuangan 50 persen. Mungkin akhir tahun bisa dicapai 80-90 persen,” jelas Rizal, Rabu (14/10/2015).
Ia mengatakan, masih ada lima SKPD yang laporan dan penyerapan anggaran dibawah 50 persen diantaranya Badan Lingkungan Hidup, dan bagian Kesra. 
“ Saya minta untuk mengecek laporan empat dari lima SKPD ini. Terutama realisasi keuangan. BLH, bagian Kesra, Pembangunan. Kalau BLH penyebab adanya perubahan laporan yang harus diperbaiki tapi pasti setelah APBD perubahan ini angkanya 70 persen,” terang Rizal.
Saat ini yang menjadi kendala lanjutnya, adalah persoalan lahan dalam berbagai program pembangunan yang membutuhkan lahan. Termasuk persoalah sengketa pertanahan yang harus terus dicermati dan diselesaikan seperti kasus Cemara Rindang, Bekapai, Tritip, Bendali 4.
Pihaknya Optimis bisa merealisasikan anggaran diatas 80 persen. Jika sampai 90 persen tentu capaian ini sangat baik dan patut diapresiasi. Dia juga meminta SKPD yang mengalami persoalan dalam penyerapan anggaran ini dapat berkordinasi dengan Asisten II agar ditindaklanjuti mencari jalan keluarnya. 
RABU, 14 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...