Basudara, Umat Muslim Ambon Tampung Peserta Pesparawi

Lokasi pelaksanaan Pesparawi
AMBON — Kota Ambon Provinsi Maluku kembali menjadi tuan rumah even nasional. Yaitu pelaksanaan Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional Ke XI, dengan tema “Sungguh Alangkah Baiknya dan Indahnya Apabila Saudara-Saudara Diam Bersama Dengan Rukun”. Tema ini diangkat dari Mazmur 133 : 1.
Even Pesparawi Ke XI tingkat Nasional ini dilaksanakan mulai 6 Oktober hingga 12 Oktober 2015 diikuti oleh 34 Provinsi termasuk Maluku.
Ketua Bidang Politik DPD GAMKI Maluku,
 Jimmy Pieter Papilaya
Jimmy Pieter Papilaya, Wakil Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku, saat diwawancarai Cendana News di Ambon Minggu (4/10) menerangkan, tema terbut bermakna, dengan Pesparawi Ke XI, Maluku Mempertegas Eksistensinya Sebagai Laboratorium Perdamaian Nasional dan Dunia.
“Selaku umat Kristiani, kami sangat berterima kasih kepada basudara Muslim Kota Ambon, yang mana telah berpartisipasi dengan cara menampung peserta di rumah-rumah serta mendukung pelaksanaan Pesparawi tingkat Nasional ke XI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan basudara Muslim Kota Ambon. Mari sama-sama kita tunjukan kepada dunia kalau Maluku adalah laboratorium perdamaian dunia,” anjur mantan Ketua Umum GMKI Cabang Ambon ini.
Menurutnya, apa yang ditunjukkan Umat Muslim Kota Ambon dengan berpartisipasi mensukseskan Pesparawi tingkat Nasional ke XI, menegaskan bahwa inilah orang Maluku yang sangat kuat dengan konsep persaudaraan sejati (Pela dan Gandong), dan Ain ni Ain (Hidup Bersaudara).
“Daerah manapun di Indonesia tidak ada konsep persaudaraannya seperti Maluku dengan Pela dan Gandongnya juga Ain Ni Ain. Even Pesparawi juga membangun hubungan persaudaraan sejati yang mana hal itu ditunjukan oleh basudara umat Umat Muslim. Ini mempertegas Maluku adalah Laboratorium Perdamaian Dunia,” tandasnya.
Pantaun Cendana News sejak 28 September 2015 hingga Minggu 4 Oktober 2015, para peserta dan tamu dari berbagai daerah sudah hadir memenuhi Kota Ambon guna mengikuti lomba Pesparawi tingkat nasional ke XI.
Empat tempat atau lokasi akan dipakai untuk para peserta dari 34 Provinsi bertanding yaitu, Taman Budaya kawasan Karang Panjang (Karpan) Ambon, Aula RRI Jalan Achmad Yani, Aula Xaverius Jalan Pattimura, dan Baileo Oikumene Jalan Pattimura Kota Ambon. Perlombaan akan dimulai Senin (5/10/2015) atau besok.
Disusul pembukaan secara resmi pada Selasa 6 Oktober 2015 di Lapangan Sepak Bola Mandala Remaja Karang Panjang Kota Ambon oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, M. Jusuf Kalla. Sebelumnya, dijadwalkan Presiden RI Joko Widodo akan membuka secara resmi Pesparawi ke XI di Kota Ambon. Hanya saja orang nomor satu di Indonesia itu batal hadir.
Pelaksanaan Pesparawi sebelumnya atau pada 2012 lalu di Kota Kendari Provinsi Sulawessi Tenggara sebagai juara umum adalah Provinsi Papua.
Even tiga tahun ini kembali digelar dimana tuan rumah adalah Kota Ambon-Maluku, akan memperlombakan sebanyak 12 cabang lomba diikuti oleh 34 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.
Berikut mata lomba Paduan suara dewasa laki-laki, perempuan, dewasa campuran, paduan suara remaja laki-laki, remaja perempuan, campuran remaja.Anak-anak laki-laki dan perempuan. Solo laki-laki, solo perempuan, solo usia 7 -9 tahun dan  10 -17 tahun, vocal group    dan music etnik.
Uniknya, di Kota Ambon Provinsi Maluku sebagai tuan rumah, meski berbeda keyakinan umat muslim di Kota Ambon turut berpartisipasi mengsukseskan even tiga tahun tersebut dengan cara menampung para peserta dari luar Maluku untuk di rumah-rumah umat muslim di Kota Ambon.
“Ini bukan panitia kekurangan dana tapi fasilitas mulai penginapan hingga hotel penuh. Sehingga Panitia berkoordinasi dengan para tokoh agama di khususnya lagi basudara Muslim di Kota Ambon, untuk menampung para peserta dari luar Maluku,” ungkap Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, selaku Ketua Panitia Pesparawi Ke XI saat diwawancarai Cendana News di Ambon, Minggu (4/10/2015).
Menurut Wagub, para peserta dari luar yang ditampung di rumah-rumah warga muslim di Kota Ambon itu misalnya, di Desa Batu Merah, Wahaong dan lain-lain.
“Selaku Panitia, kami sangat berterima kasih kepada umat muslim Kota Ambon yang mana telah bersedia untuk menampung para peserta Pesparawi dari luar Maluku, sekaligus mendukung dan mengsukseskan Pesparawi tingkat Nasional Ke XI di Kota Ambon,” salut Wagub.
MINGGU, 04 Oktober 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...