Berikan Bekal, Balikpapan Siapkan Kampung PHK

Ketua Komisi IV DPRD kota Balikpapan
BALIKPAPAN — Balikpapan tengah mempersiapkan pembangunan kampung PHK. Kampung PHK rencananya akan dijadikan lokasi pelatihan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja yang menjadi korban PHK tahun ini. 
Menurut Ketua Komisi IV DPRD kota Balikpapan, Ida Prahastuty menuturkan, kampung PHK ini membutuhkan. Lahan minimal 2-3 hektar, dimana nantinya akan dilengkapi workshop untuk menunjang peningkatan kemampuan pekerja yang terkena imbas. 
“ Kita minta Disnakersos buatkan konsep. Sepekan  kita tunggu konsep kampong PHK ini dan tahu kira-kira berapa anggarannya,” katanya, Jumat (9/10/2015).
Dengan program ini, nantinya akan ada anggaran yang perlu disusun dan disiapkan realisasi kampung PHK ini. 
“Sepanjang ini untuk kegiatan masyarakat dan punya dampak positif bagi kota, kami di Komisi IV DPRD rasa naïf kalau tidak mendukung ini,” ucapnya.
Leader dari kampung PHK akan berada di Disnakersos. Apalagi saat ini UU pemerintah daerah fungsi tugas Dinaskersos kota kabupaten sebagian dialihkan ke provinsi sehingga beban tugas Disnakersos kota berkurang .
PHK yang terjadi sekarang ini hendaknya tetap disikapi optimis bahwa kondisi ekonomi akan membaik dan harus disikapi pula langkah nyata.
Diketahui, Angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Balikpapan kini bertambah lagi sekitar 243 pekerja. Sehingga kini total jumlah PHK di Balikpapan mencapai 2.743 pekerja sampai akhir September 2015.
JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...