Berikan Layanan Maksimal, PDAM Tanggamus Reparasi Peralatan

LAMPUNG — Musim kemarau berkepanjangan masih melanda sebagain wilayah Lampung. Tetapi di wilayah yang berada di kaki Gunung Tanggamus Lampung ketersediaan air bersih masih bisa dipenuhi oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Debit air yang cukup bagus bahkan masih bisa memenuhi kebutuhan air meskipun daerah lain dilanda kekeringan yang sampai saat ini masih berlangsung.
PDAM Way Agung Cabang Kotaagung bahkan masih terus beroperasi dan melakukan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa air bersih yang disalurkan menggunakan pipa ke rumah warga. Kondisi pipa serta alat pencatat meteran air (water meter) yang digunakan oleh warga selama bertahun tahun di beberapa tempat bahkan kondisinya sudah rusak sehingga mengharuskan perbaikan.
Menurut Kepala cabang PDAM Kotaagung, Andriansyah, reparasi meteran air dilakukan secara khusus untuk pelanggan yang berada di wilayah Kotaagung yang merupakan ibukota Kabupaten Tanggamus Lampung. 
“Usia meteran beberapa ada yang sudah cukup lama sehingga perlu kita ganti sehingga konsumen mendapatkan pelayanan maksimal dengan adanya meteran baru tersebut,”ungkap Andriansyah Minggu (4/10/2015).
Alat meteran air yang akan diganti ungkap Andriyansah sebanyak 1.500 unit dengan proses bertahap karena jumlah sebanyak itu harus dikerjakan oleh tekhnisi PDAM yang akan bekerja sesuai data yang tercatat sebagai pelanggan. Proses reparasi meteran air tersebut sekaligus mencocokkan data pelanggan yang sudah tercatat di selama ini.
“Kita melakukan reparasi secara gratis dan ini sekaligus untuk verifikasi jumlah pelanggan yang menggunakan jasa penyediaan air bersih, tapi jika kerusakan setelah diperbaiki maka biaya ditanggungkan kepada pelanggan,”ungkap Andriyansah. 
Berdasarkan data pelanggan air bersih dari PDAM beberapa diantaranya sudah menggunakan meteran sejak tahun 1982 sehingga kondisi fisik alat yang dipasang sudah rusak. Akibatnya terjadi pemborosan air yang keluar dari kebocoran alat berupa korosi atau pengaratan pipa. Diharapkan setelah dilakukan penggantian alat baru masyarakat bisa menjaga alat yang terpasang.
Jumlah pelanggan yang cukup banyak di Kotaagung masih bisa dipasok dari PDAM Kotagung yang masih bisa menghasilkan air bersih dalam cukup besar. Bahkan dari pantauan meski musim kemarau di Kotagaung dan sekitarnya warga masih bisa melakukan aktifitas pertanian dengan menanam padi menggunakan air dari Gunung Tanggamus serta untuk penyediaan air bersih.

MINGGU, 04 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...