Bung Tomo Award Kembali Cari Sosok Pahlawan Masa Kini di Jatim

SURABAYA — Dalam mencari sosok pahlawan di Jawa Timur masa kini, Yayasan Jati Diri Bangsa (YDJB)  terus menggelar Bung Tomo Award (BTA) yang saat ini sudah memasuki tahun ke-lima. Untuk kandidat penerima dipilih sesuai dengan profesi yang digeluti yang sepenuhnya diusulkan oleh masyarakat.
“Tahun ini berbeda dari sebelumnya, nominator yang dipilih sesuai dengan profesi yang digelutinya,” terang Ketua pelaksana BTA V, Redatini kepada Cendana News, Rabu (28/10/2015).
Kandidat penerima anugerah sepenuhnya diusulkan oleh masyarakat lewat email ke panitia penyelenggara. Usulan nama bisa dikirim melalui email panitia.bta@gmail.com paling terakhir tanggal 10 November 2015.
“Tanggal 26 November 2015 sudah penganugerahan disaksikan oleh istri almarhum bung Tomo,”ujarnya.
Pimpinan Yayasan Jati Diri Bangsa (YJDB) sekaligus putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo menerangkan proses penilaian para nominator, yaitu dari proses verifikasi data hingga investigasi data.
“Kami memberikan penilaian sesuai bidang yang digeluti, seberapa besar pengaruhnya ke masyarakat, nilai keikhlasan, ketulusan dan kepeloporan juga penting,”tegasnya.
Juri yang menilai dalam BTA V ini yakni Ignatia Martha, Suko Widodo dan Aman Sugandi. Kriteria nominasi yaitu seseorang yang hidup, lahir dan tinggal di provinsi Jatim dengan bukti KTP Jatim. Kemudian, kegiatan yang dilakukannya bersifat luar biasa dan berdampak luas terhadap nilai kepahlawanan, cinta tanah air, dan kearifan lokal di bidang yang diminatinya.
“Dan yang paling penting, seseorang itu tidak sedang dalam ketetapan hukum pidana atau perdata,”tandasnya.

RABU, 28 Oktober 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...