Butuh 8 Jam Padamkan Api yang Hanguskan 20 Ruko di Manado

Kebakaran di Manado

MANADO — Butuh waktu hampir delapan jam untuk memadamkan api yang membakar 20 Ruko yang berada di kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (03/10/2015). Pantauan Cendana News di lokasi, kebakaran mulai terjadi pada pukul 08.30 WITA.

Lokasi Ruko yang terletak di pemukiman padat penduduk dan berada di sekitar pasar Calaca Bersehati Manado, menyebabkan kebakaran sulit dipadamkan. 15 mobil pemadam dari Dinas Pemadam kebakaran kota Manado diturunkan, namun api sulit dipadamkan.
Selain itu, 20 Ruko yang terbakar sebagian besar menyimpan bahan-bahan yang muda terbakar, baik bahan kebutuhan pokok maupun, bahan yang muda meledak seperti gas 3 kg, serta minyak tanah, sehingga kebakaran terus melebar ke bagian rumah dan toko (Ruko) yang berada disekitar pasar Calaca.
Salah satu warga yang ditemui Cendana News di lokasi kebakaran menyatakan, kebakaran berasal dari salah satu rumah yang dijadikan tempat penyimpanan barang kebutuhan pokok yang terletak di lorong sekitar jembatan Megawati, karena di Ruko itu terdapat gas 3 kg sehingga petugas kesulitan memadamkan api. 
“Saat itu saya hendak ke pasar dan sementara melintas tiba-tiba terdengar bunyi ledakan kuat, saya pikir ada BOM tapi ternyata ada Ruko yang terbakar, kemudian terus meluas ke rumah lainnya”, ujar Firman.
Sementara itu menurut Alfrets salah satu petugas pemadam kebakaran mengatakan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 16.30 WITA, karena terdapat banyak bahan bakar gas 3 kg didalam Ruko, serta bahan baku lainnya yang terbuat dari karet, sehingga api cepat membesar, bahkan beberapa kali terdengar ledakan hingga mengeluarkan asap tebal membumbung ke udara. 
“kami sangat sulit memadamkan api, dan api baru bisa dipadamkan kurang lebih enam jam karena banyak bahan kimia dan bahan baku lain yang muda meledak” katanya.

SABTU, 03 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...