Disnakersos Usul Anjal dan Anak Punk Dibina TNI

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan sosial Tirta Dewi
BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan berencana menitipkan anak jalanan (Anjal) dan anak punk yang terjaring razia kepada TNI agar mereka akan dibina. Gagasan tersebut sudah dibahas, namun saat ini masih terbentur pada anggaran.
“Kami sudah pernah membahas ini, namun tidak mungkin kami usulkan di anggaran perubahan karena keterbatasan anggaran. Ternyata rencana program kita itu juga selaras dengan program bela negera dari menteri pertahanan,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial kota Balikpapan Tirta Dewi belum lama ini.
Keberadaan Anjal, dan anak punk sering menjadi persoalan kota yang belum diselesaikan secara komprehensif. Karena jika mereka terjaring hanya didata dan dilakukan pembinaan secukupnya kemudian diserahkan pada orangtuanya.
“Misalnya Anjal yang tertangkap hasil operasi Satpol PP maupun Polisi diserahkan ke kami. Lalu kami akan cek kesehatan dan melakukan pembinaan psiokologisnya. Mereka yang terindikasi menggunakan obat berbahaya akan direhabilitasi dengan menggandeng BNN. Jika belum pada tahap kecanduan, cukup kami yang melakukan bimbingan konseling kepada anak tersebut,” ungkapnya.
Yang harus dipersiapkan dalam penanganan anjal dan anak punk tersebut Tirta menyebutkan, diantaranya seperti lokasi penampungan, tempat latihan, dan personil SDM.
Untuk itu ditahun ini pihaknya melakukan pemantapan program dan menunggu kucuran anggaran, mengingat anggaran tahun ini dan ke depan sangat terbatas. Karena tahun 2016 banyak pekerjaan yang harus didanai seperti persoalan PHK. 
MINGGU, 25 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...