DPR Desak Pemerintah Tetapkan Kabut Asap Sebagai Bencana Nasional

Agus Hermanto
JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto mendesak pemerintah agar menetapkan kebakaran Lahan dan hutan sebagai Bencana Nasional.  
“Kami dari DPR akan mengambil langkah, guna untuk meminta Pemerintah tetapkan kabut asap itu menjadi Bencana Nasional,” Ujar Agus di Senayan, Senin (12/10/2015).
Dengan adanya status nasional tersebut, sambung Agus, biar penanganannya efektif, tidak berlarut larut penindakannya, ini sangat sensitif dan juga masalah kesehatan masyarakat.
Selain itu, dirinya mendesak Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan, Anies Baswedan juga ikut membantu dalam soal pendidikan. Sebab Kata agus, banyak siswa yang aktifitas belajar mengajarnya terganggu karena daerahnya terkena dampak asap akibat kebakaran hutan.
“Jangan cuma Menteri LHK, tapi juga Libatkan Menteri pendidikan, karena banyak anak-anak yang tidak bisa lanjutkan pendidikan,” tegas agus.
Lebih lanjut, Agus berharap aparat penegak hukum memberikan sanksi tegas kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembakaran kebakaran.
“Barang Siapa yang melanggar hukum tetap diproses, jangan pandang bulu” tandasnya
Ia mengatakan jika selesai penanganan bencana asap, pemerintah harus menata ulang peraturan mengenai hutan terutama perusahaan-perusahaan yang melanggar harus ditindak keras.
Agus juga menambahkan, kami turut beri apresiasi, pemerintah akhirnya mau minta bantuan asing, seharusnya sejak awal.
“Tapi walau ini agak telat lebih baik daripada tidak sama sekali,”sebutnya. 
SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...