DPR Desak Penegak Hukum Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo
JAKARTA — Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo mendesak penegak hukum segera menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap melanda beberapa wilayah di NKRI.
“Terlihat jelas, pemerintah hanya menindak kaum kecil, padahal dibalik itu semua ada pengusaha yang menjadi dalang utama pembakaran lahan,” ujar Edhy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/10/2015).
Disebutkan, dalam penanganan masalah ini, pemerintah harus memberikan sanksi tegas kepada pelaku serta aktor intelektualnya, jangan sampai terkesan penanganannya tebang pilih. 
“Jangan ada sesuatu, selalu menyalahkan ke masyarakat, padahal pengusaha kelas kakapnya sendiri juga ada disitu,” ungkapnya.
Wakil ketua Partai Gerindra ini mengatakan, ada beberapa oknum pengusaha yang sengaja melakukan pembakaran lahan secara liar dengan menyewa petani lokal agar ongkosnya lebih murah.
Namun, Sambung Edhy, Pembakaran Hutan tersebut dengan cara yang salah sehingga menyebabkan meluasnya kebakaran.
“Ada oknum yang menggunakan tangan para petani lokal kita, agar murah, karena kalau sesuai prosedur akan jauh lebih mahal,” ucapnya.
Edhy berharap oknum seperti itu harus ditindak tegas. Dirinya yakin ibu Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) sudah mengantongi nama-nama oknum tersebut.
“Saya harap kerjasama antar pemangku kepentingan diperkuat dengan pertemuan yang menghasilkan solusi,” tegasnya.
Lebih Lanjut, Edhy Prabowo menambahkan memang tidak semua pengusaha terlibat dalam pembakaran hutan.Namun, kata Dia, ada oknum pengusaha yang melakukan ‘pembukaan lahan’ dengan cara yang salah, akibatnya terjadi seperti ini.

SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...