Hari Sumpah Pemuda Diperingati di Berbagai Daerah di Indonesia

NUSANTARA — Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Demikian isi ikrar Sumpah Pemuda yang setiap tahunnya di bacakan dengan lantang dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober diperingati di berbagai daerah, diantaranya Malang dan Maluku.

Dalam Upacara tersebut dibacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dengan tema “Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi”.

Usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Balai Kota Malang, Walikota Malang Mochamad Anton menjelaskan, bahwa hari Sumpah Pemuda merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali perjuangan pemuda pemudi Indonesia pada jaman itu, dimana mereka sudah melakukan sebuah perjuangan untuk memberikan semangat persatuan dan kesatuan serta semangat kemerdekaan kepada seluruh pemuda di Indonesia.

“Melalui momentum ini juga, marilah kita lanjutkan apa yang sudah diperjuangkan oleh pemuda pemudi pada saat itu dengan terus berkarya, berinovasi untuk mengisi kemerdekaan ini,”ujarnya.

Peran pemuda dijaman sekarang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Terutama terkait hubungannya dengan semakin banyaknya hal-hal yang masuk ke negara kita baik yang positif maupun negatif. Oleh karena itu, diharapkan para pemuda pemudi Indonesia mampu memberikan ide maupun masukan positif demi kemajuan Indonesia.

Disebutkan, kebangkitan para pemuda Indonesia tentunya juga menjadi harapan masyarakat untuk bisa mengisi dan memimpin bangsa Indonesia untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik.

“Saya yakin pemudalah yang dapat merubah pola pikir kita menjadi lebih baik,” tutupnya.

Mochamad Anton juga memberikan beberapa penghargaan diantaranya penghargaan kepada juara Pemuda pelopor kota Malang dan juga penghargaan kepada juara dua putra Jelajah Situs Sejarah Bangsa tingkat Provinsi Jawa Timur yang diraih oleh siswa SMPN 3 Malang dan juara tiga putri yang diraih oleh siswi SMPN 2 Malang.

Disinggung mengenai prestasi-prestasi yang telah diraih, Anton menjelaskan bahwa hal tersebut menujukkan kebersamaan dan kerjasama yang baik antara masyarakat terutama para pemuda dengan institusi pemerintahan.

Sementara itu, di Ambon, peringatan Hari Sumpah Pemuda di pimpin Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI M. Bambang Taufik memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 87 dilaksanakan di halaman Makodam, Rabu (28/10/2015).

Upacara di peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, turut dihadiri seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Prajurit lingkup Kodam XVI/Pattimura.

Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI M. Bambang Taufik memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 87 Tahun 2015 di Makodam

RABU, 28 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq/Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Agus Nurchaliq/Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo

Lihat juga...