Hingga Oktober Jumlah PHK di Balikpapan Meningkat

Kepala Disnakersos Balikpapan Tirta Dewi
BALIKPAPAN — Angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Balikpapan kini bertambah lagi sekitar 243 pekerja. Sehingga kini total jumlah PHK di Balikpapan mencapai 2.743 orang.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial kota Balikpapan, Tirta Dewi menegaskan, tambahan pengangguran ini masih terjadi, meski PHK massal. Namun, yang terjadi kini masih PHK alami seperti masa habis kontrak, pengunduran diri, efisiensi tenaga kerja dalam jumlah kecil atau dibawah 10 pekerja. 
” Ada melaporkan 5 pekerja, kalau masal itu besar-besaran diatas 100 pekerja langsung di PHK. Kalau ini dikit-dikit saja  mungkin masa kerja habis tidak diperpanjang, ada pensiun, ada mengundurkan diri,” jelasnya kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan DPRD Balikpapan, Rabu (07/09/2015).
Tirta mengakui, dengan tambahan jumlah PHK ini maka angka pengangguran otomatis juga bertambah. Dan pastinya diperkirakan apabila situasi tidak berubah maka sampai akhir tahun akan ada penambahan lagi. 
Untuk itu, pihaknya berharap perusahaan kooperatif termasuk pekerja sendiri dengan melaporkan adanya PHK ke kantor Disnakersos agar mereka bisa didata.
 ” Ya paling seperti itu tapi kita berharap juga perusahaan kooperatif termasuk pekerja itu sendiri. Mereka bisa saja di PHK tapi disatu tempat bisa diterima ditempat lain. Kami ingin laporan itu ada ke kita sehingga Disnaker ada data yang keluar dan masuk,” tandas Dewi.
Tidak hanya merekap angka PHK, Dewi menambahkan pemerintah kota bersama provinsi tengah menyusun program dan baru masuk anggaran 2016 mendatang. 
“Kita akan lakukan itu dengan gotong royong lebih baik. Karena 2015 ini kita baru mendata profesi dan minatnya apa saja, skil apa mereka punya paling tidak linear dengan skill mereka,” tutupnya. 
KAMIS, 08 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...