Hutan Lindung di Pegunungan Sasayaban Minahasa Selatan Terbakar

Kebakaran Hutan Pegunungan Sasayaban Amurang
MANADO — Hutan lindung dan lahan kering yang terletak di pegunungan Sasayaban Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut) pada Sabtu (17/10/2015) sore terbakar.
Salah satu warga Amurang, Vivinova mengatakan, kebakaran lahan dan hutan lindung yang terletak di sekitar pegunungan Sasayaban terjadi sekitar pukul 17.30 WITA. 
“Saya berencana pulang ke kampung di Motoling, namun setelah keluar dari lorong di sekitar rumah di Amurang saya melihat api sudah membesar dan terus meluas”, katanya.
Vivinova mengatakan, angin kencang yang berhembus pada Sabtu (17/10/2015) sore mengakibatkan api sangat cepat menyebar dari satu lahan ke lahan lainnya, dan saat ini sudah mamasuki pemukiman warga yang berada di sekitar gunung Sasayaban. 
“Saya melihat ada satu rumah yang sudah terkena api dan jika tidak dicegah bisa semakin meluas”, kata Vivinova.
Selain itu Vivinova yang berprofesi sebagai guru ini menegaskan, dirinya melihat baru ada tiga mobil pemadam kebakaran yang berada di lokasi untuk memadamkan api, namun petugas agak kesulitan karena angin kencang sehingga hutaan lindung dan lahan kering yang berada disekitar gunung itu masih terbakar. 
“Sampai pukul 18.30 WITA dari ruas jalan Trans Sulawesi saya masih melihat api terus menyala, saya berharap petugas yang sudah dibantu warga bisa segera padamkan api,” ungkapnya.
SABTU, 17 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...