Izin Penambangan, Gubernur Persilahkan Masyarakat Lakukan Gugatan

MATARAM — Adanya rencana aktivis Wahana Lingkungan Hidup yang hendak melakukan gugatan terhadap kebijakan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat yang mengeluarkan izin prinsip penambangan pasir laut sebelum dilakukannya analisis dampak lingkungan ditanggapi santai Gubernur NTB dan mempersilahkan melakukan gugatan.
“Kalau masyarakat mau melakukan gugatan, silahkan saja kita tidak bisa melarang, itu merupakan hak setiap warga negara,” kata Gubernur NTB, Zainul Majdi di Mataram, Selasa (20/10/2015).
Majdi mengatakan, terkait mengenai izin penambangan pasir laut sekarang ini baru sebatas izin penanaman modal dan harus melalui proses dan kajian panjang yang melibatkan Badan Lingkungan Hidup, Kementerian Kelautan dan Prikanan dan tata ruang.
Di dalamnya juga ada proses analisis dampak lingkungan yang melibatkan berbagai kalangan ahli termasuk masyarakat dan Walhi, nanti apakah perizinan akan diberikan atau tidak, bergantung seperti apa hasil kajian yang dilakukan.
“Jadi kita tidak bisa menduga-duga, mari kita tunggu hasil kajiannya, kalau memang dari hasil kajian akan menimbulkan dampak kerusakan lingkungan jelas akan kita tolah, semuanya bergantung pada hasil kajian,” ungkapnya.
SELASA, 20 Oktober 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...