Janjikan Keuntungan, Pepaya Bibit Impor Mulai Geser Produk Lokal

JAKARTA — Sudah sekian lama negara kita dijejali produk-produk impor. Bahkan buah-buahan import juga sudah memenuhi tiap sudut pasar tradisional. Contoh buah import yang sekarang menjadi favorit pedagang pasar tradisional adalah Pepaya California.
Satu pohon pepaya California bisa menghasilkan belasan buah dengan ukuran bervariasi mulai 6-10 ons. Hal inilah yang membuat para petani di daerah Pelabuhan Ratu,  Sukabumi sekarang memilih menanam bibit pepaya california dibanding pepaya lokal yang buahnya besar dan ranum untuk kemudia dijual ke para pedagang di pasar-pasar tradisional sampai ke Jakarta.
Uci, asal Sukabumi sudah berdagang pepaya california di Pasar Johar Baru, sejak pertama kali diperkenalkan oleh para petani yang datang menawarkan pepaya. Dan sekarang Uci sudah fokus berdagang pepaya jenis tersebut tanpa berdagang pepaya jenis lainnya.
” Saya bingung, pepaya california itu kecil-kecil tapi harga nya mencapai 8,000 per kilogram. Sedangkan pepaya lokal hanya 4,000-5,000 rupiah per kilogram. Dan masyarakat lebih memilih membeli pepaya california,” Jelas Uci kepada Cendana News, Jumat (09/10/2015).
Mungkin masyarakat berpikir lebih baik mereka membeli pepaya dengan harga 8,000 rupiah per kilogram dengan beberapa buah dibanding membeli dengan harga 5,000 rupiah per kilogram namun hanya mendapatkan satu buah pepaya saja.
Hal tersebut kemungkinan menjadi salah satu penyebab mengapa masyarakat lebih memilih pepaya california dibanding pepaya lokal menurut Uci. Dalam satu minggu,  Uci mampu menghabiskan 8 ton atau sekitar kurang lebih 1,000 buah pepaya california di kiosnya.
” Pepaya california itu cepat sekali matangnya dibanding pepaya lokal. Hanya butuh dua hari saja ia sudah matang, jadi sebagai pedagang kita harus cepat menjualnya dengan cara apapun agar tidak mengalami kerugian akibat pepaya yang membusuk karena tidak terjual, ” Uci melanjutkan penjelasannya.
Namun begitu,  bukan berarti pepaya lokal sudah tidak ada peminatnya. Tetap saja ada namun tidak seperti dahulu lagi.
” Sekarang hanya sedikit masyarakat yang datang ke Pasar Johar Baru dan membeli pepaya lokal. Akan tetapi pedagang buah biasanya tetap memilih pepaya lokal dibanding pepaya california karena ukuran pepaya lokal yang besar dan padat berisi, ” papar Uci mengenai pangsa pasar pepaya lokal.

JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...