Kabut Asap di Balikpapan, 2.519 ISPA, 60 Menderita Pneumania

Kabut asap

BALIKPAPAN — Angka penderita penyaki Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Balikpapan pada minggu ke 37 mencapai 2.499 kasus sedangkan pada minggu ke 38 mencapai 2.519. Jumlah tersebut naik, namun tidak terlalu signifikan dan fluktuatif.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina JPP menjelaskan kasus penderita ISPA meningkat apabila angka Ispu atau pengukur udara di atas 100. Sedangkan angka dibawah 100 maka udara sedang meskipun tidak sehat. 
Balerina JPP

” Penderita ISPA naik, namun tidak signifikan. Kami hitungnya perminggu. Data masuk dari puskesmas dan rumahsakit,” ungkapnya saat ditanya dampak kabut asap pada kesehatan, Senin (12/10/2015).

Menurutnya, saat ini masyarakat diminta waspada dengan menggunakan masker saat beraktivitas diluar ataupun saat berkendaraan. Ia juga mewaspadai penderita ISPA yang sudah masuk kasus Pneumania (Radang paru-paru). 
“Saat ini pneomania sudah mencapai 60 kasus, dimana bila sudah dinyatakan penyakit tersebut maka harus rawat inap,”sebutnya. 
Balerina menyebutkan pasien penderita masih rawat jalan dan belum dinyatakan keadaan luar biasa mengingat kasusnya juga naik turun. Namun pihaknya juga terus menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker untuk menghindari hirupan langsung asap dan debu. 
“Kami himbau terus untuk waspada dan gunakan masker kepada masyarakat khususnya masyarakat yang beraktivitas diluar,” himbaunya.
Tidak hanya itu, pihaknya juga membagikan masker kepada masyarakat dan masyarakat yang sudah memiliki masker juga untuk digunakan. Ia berharap masyarakat juga harus memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan dari ISPA dengan gunakan masker saat asap masih menyelimuti kota Balikpapan. 
SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...