KAI Siapkan Kereta Api untuk Mengangkut Sapi Impor

Gerbong penumpang Kereta Api
SEMARANG — PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto telah berkoordinasi dengan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, untuk menjajaki kemungkinan pengangkutan sapi impor dengan armada kereta api dari Pelabuhan Tanjung Intan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Koordinasi tersebut dilakukan terkait dengan rencana Pemerintah Pusat yang akan memindahkan pelabuhan sapi impor yang selama ini berada di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, akan dialihkan ke pelabuhan Tanjung Intan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Manager Humas PT.KAI Daop V Purwokerto, Surono menyampaikan, koordinasi antara PT. KAI Daop V dengan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap terkait pengangkutan  sapi impor tersebut sudah dilakukan sejak selasa (06/10/2015).
Wacana program rencana pengangkutan sapi dengan layanan jasa angkutan kereta api sejalan dengan keinginan dari Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan di jalan raya, jika dibandingkandiangkut dengan menggunakan armada truk.
Surono menambahkan, rencana pengangkutan sapi impor dengan kereta api sangat memungkinkan, karena letak posisi Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap hanya berjarak 100 meter dari jalur rel kereta api yang menuju ke pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.
Sebagai perbandingan, tahun 2012, sapi impor yang masuk lewat pelabuhan Tanjung Intan Cilacap sekitar 18.085 ekor dalam sembilan kali pengiriman. Sedangkan pada tahun 2013 jumlahnya mengalami peningkatan menjadi sekitar 20.720 ekor sapi impor dalam 13 kali pengiriman.
Jika rencana pengalihan pelabuhan masuknya sapi impor dari Tanjung Priok Jakarta ke Tanjung Intan Cilacap terealisasi, maka diperkirakan volume sapi impor yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Intan jumlahnya bisa lima kali lipat menjadi sekitar 150.000 ekor sapi per tahunnya.
Sedangkan untuk menghadapi rencana pengalihan tersebut, pihak Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap harus bekerja keras untuk menyiapkan kandang karantina dengan kapasitas sekitar 6000 ekor sapi. Sementara kapasitas kandang yang telah tersedia sekarang hanya mampu menampung sekitar 2000 ekor sapi.
KAMIS, 08 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...