Kebakaran Hutan di Bula Terus Meluas ke Maluku Tengah

Kebakaran hutan
AMBON — Kebakaran terus terjadi di hutan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Bahkan sudah meluas ke perbatasan Kabupaten SBT dan Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Jumat (9/10/2015) hingga Sabtu(10/10/2015), tampak kebakaran masih terjadi.
Otoritas setempat belum mencari solusi guna memadamkan api di hutan kabupaten penghasil gas dan minyak bumi tersebut. Hardi Sanaky salah satu warga Kota Bula yang dihubungi Cendana News Sabtu (10/10/2015) mengakui, kebakaran terjadi sejak Jumat (9/10/10/2015) hingga Sabtu (10/10/2015).
“Sejak Jumat kemarin hingga Hari ini kebakaran masih terjadi di hutan Banggoi Kecamatan Bula Barat,” ungkapnya.
Menurut Hardi, kebakaran terjadi karena kemarau sedang melanda Bula Kabupaten SBT sebulan. Mudahnya kebakaran di wilayah tersebut dikhawatirkan merembet ke kilang-kilang gas dan minyak di Kabupaten SBT.
“Yang kita khawatir kebakaran di hutan saat ini merembet ke kilang-kilang minyak dan gas. Itu tambah fatal dan bahaya,” timpalnya.
Pasalnya, kata Hardi, kebakaran sudah mencapai sekitar 15 hektar. Antara lain, lagan Jakarta Baru, Wailola hingga kini di Banggoi dan sudah mendekati perbatasan dengan Kobisonta Kabupaten Maluku Tengah. Kebakaran juga menelan tanaman warga Kota Bula dan sekitarnya.
Menyangkut kebakaran ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Seram Bagian Timur, Nurbandi Latarissa, belum berhasil dikonfirmasi.Padahal warga setempat sudah mulai terserang gangguan pernafasan akibat asap yang disumbang dari kebakaran naas tersebut.
Pihak Pemkab SBT hanya menyediakan tong-tong air di sepanjang jalan kota Bula dan sekitarnya untuk warga. Dikabarkan pula, sumur-sumur warga mengalami kekeringan. Akibatnya, warga kota Bula dan sekitarnya terpaksa harus ke kali atau sungai untuk mengambil air bersih.
Musibah kebakaran hutan Bula sudah sekitar 15 hektar. Jika tidak ditangani segera, maka akan meluas hingga ke Kabupaten Maluku Tengah.Hingga berita ini dilansir, baik Pemkab SBT maupun Pemprov Maluku belum terlihat berupaya memadamkan api di hutan Bula dan sekitarnya.
SABTU, 10 Oktober 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...