Kebakaran Musnahkan 4 Hektar Kakao dan Cengkeh di Lampung

Kebakaran hutan
LAMPUNG — Sekitar empat hektar lahan perkebunan kakao atau kopi cokelat serta tanaman cengkeh milik warga di Dua Kecamatan hangus dilalap api yang membakar sejak pagi. Sebanyak 4 hektar lahan perkebunan tersebut merupakan lahan perkebunan yang berada di kaki Gunung Rajabasa Lampung Selatan Provinsi Lampung dan berada di luar kawasan Hutan Lindung Register 2 Gunung Rajabasa.
Menurut Kepala Desa Padan, Nurdin menyebutkan, lahan seluas 4 hektar tersebut merupakan milik warga Desa Padan Kecamatan Penengahan, Desa Babulang, Desa Kecapi dan Desa Pematang yang berada di wilayah Kecamatan Kalianda.
“Kebakaran diduga berasal dari sisa api pembakaran untuk memasak yang lupa dimatikan, karena angin kemudian menjalar ke daun daun kakao yang kemudian merembet ke perkebunan warga lainnya,”ungkap Nurdin menuturkan kepada media Cendananews.com Jumat (23/10/2015).
Ia mengaku, ratusan warga dengan berbekal peralaatn seadanya memadamkan api agar tidak menjalar ke perkebunan warga yang lain. Akibat lokasi perkebunan yang berada di lereng curam Gunung Rajabasa, petugas BPBD dan petugas pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi dan pemadaman hanya dilakukan warga.
Nurdin, yang juga memiliki kebun coklat seluas setengah hektar mengaku akibat kebakaran tersebut sekitar 500 tanaman kakao miliknya hangus dilalap si jago merah. Sementara diperkirakan sebanyak 5000 batang tanaman kakao serta tanaman cengkeh warga lainnya ikut hangus karena sulit dipadamkan. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
Nurdin menuturkan sudah menghimbau kepada masyarakat pemilik kebun di lereng Gunung Rajabasa seperti di Desa Padan agar tidak meninggalkan api yang digunakan untuk memasak atau keperluan lain di kebun. Ia bahkan menghimbau agar pekebun mematikan terlebih dahulu karena bisa berdampak kebakaran hutan dan perkebunan.
JUMAT, 23 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...