Keindahan Berbagai Objek Wisata NTB Masih Minim Promosi

Sejumlah pengunjung saat berkeliling di Gili Kondo Kabupaten Lombok Timur
MATARAM — Sebagai daerah Kepulauan dengan bentangan keindahan pantai dan wisata alam, Nusa Tenggara Barat terutama Pulau Lombok memiliki banyak objek pariwisata selain banyak juga menyimpan potensi dan keindahan luar biasa, tapi selain karena masih kurang promosi juga karena minim informasi.
“NTB dan Pulau Lombok khususnya memiliki ratusan pantai dan bentangan alam pegunungan sangat indah, tapi karena minim informasi, tidak semua diketahui wisatawan untuk dikunjungi,” kata blogger yang juga pengusaha madu dan kaos Lombok, Ahmad Jumaely di Mataram, Minggu (11/10/2015)
Padahal, kata Jumaely, salah satu kekuatan pariwisata daerah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan terhadap objek pariwisata suatu daerah. Selain didukung sarana dan prasarana memadai, tingkat promosi juga banyak dipengaruhi informasi tentang objek pariwisata yang dimiliki.
Dikatakan, selain promosi dalam bentuk festifal maupun even berskala nasional dan internasional, Informasi melalui media sosial, plang jalan, pusat oleh – oleh memegang peranan penting dan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya tingkat kunjungan wisatawan,  bisa dilakukan dengan menggandeng para blogger melalui penyediaan wifi gratis di tempat – tempat tongkrongan umum.
Menurutnya, promosi dan penyebaran informasi tentang keberadaan objek pariwisata dimiliki NTB jauh akan lebih efektif melalui media sosial daripada promosi di hotel atau keluar daerah menghabiskan anggaran ratusan juta sampai miliaran rupiah, apalagi dengan kemajuan tehnologi informasi.
“Tidak bisa dipungkiri banyaknya kunjungan wisatawan ke objek pariwisata suatu daerah termasuk NTB tidak terlepas dari keberadaan media sosial dan tangan kreatif para pengguna media sosial blogger yang turut serta mengambil bagian mempromosikan pariwisata daerah secara suka rela, tanpa pernah mengharap imbalan,” ungkapnya.
Ira Rachmawati, wisatawan asal Jawa Timur mengatakan, pariwisata dimiliki NTB sebenarnya sangat indah, baik wisata pantai maupun alam bahkan jauh lebih indah dari pariwisata Bali, hanya saja masih sangat minim informasi.
“Coba hanya untuk mencari pusat oleh – oleh atau jalan menuju objek wisata pantai yang hendak kita tuju, informasi didapatkan dari media sosial baik yang dituliskan para blogger maupun website milik pemerintah sangat minim,” ungkapnya.
Kebanyakan info didapatkan dari tulisan para para blogger hanya seputar keindahan objek pariwisata, tapin iformasi jarak tempuh, jenis kendaraan apa yang digunakan jarang dicantumkan, padahal itu informasi tidak kalah penting dibutuhkan wisatawan selain keindahan pariwisatanya.
MINGGU, 11 Oktober 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...