Kemendagri Ingatkan Aparat Jaga Netralitas di Pemilukada

SEMARANG — Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ), Tjahjo Kumolo mengingatkan PNS, TNI dan Polri untuk menjaga netralitas dalam pemilukada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015. Tidak hanya Imbauan, pihaknya akan melakukan penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) dalam waktu dekat.
“Dalam waktu dekat dilakukan penandatanganan nota kesepahaman, antara Mendagri dan Badan Pengawas Pemilu tentang netralitas PNS dan TNI Polri ” terangnya mengikuti upacara peringatan Pertempuran Lima Hari Semarang di kawasan bundaran Tugu Muda beberapa waktu lalu.
Disebutkan, hal tersebut bertujuan untuk menjaga sikap netralitas Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dan TNI / POLRI . Sementara sikap pemerintah, dalam hal ini melalui Kementrian Dalam Negeri ( Kemendagri ) jelas dan tegas, bahwa netralitas PNS dalam setiap rangkaian tahap pelaksanaan Pemilukada adalah harga mati yang tak bisa ditawar – tawar lagi.
“Tidak ada toleransi dan kompromi,”sebutnya.
Menurut Tjahjo, jika nantinya ditemukan indikasi ada PNS yang tidak netral, maka hal tersebut akan mencederai demokrasi yang ada di Indonesia. Kalau sampai ada bukti ada pejabat maupun PNS yang tidak netral dan memihak pada salah satu pasangan calon, maka Pemerintah dalam hal ini akan menindak tegas.
“Mulai sanksi administratif hingga pemecatan terhadap oknum PNS yang bersangkutan,” katanya.
SABTU, 17 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...