Kerugian Material Akibat Lakalantas Nyaris Capai Angka 1 Milyar

Kecelakaan lalu lintas
LAMPUNG — Kerugian material akibat kecelakaan lalulintas, baik roda dua, empat dan lainnya di wilayah hukum Polres Lampung Selatan nyaris mencapai angka 1 Milyar lebih hingga akhir Agustus tahun ini. Sementara korban kecelakaan sebagian meninggal dunia, luka berat dan luka ringan.
Angka kecelakaan yang sangat tinggi baik korban maupun material menjadi bukti kurangnya kesadaran dalam berlalulintas. Bahkan angka kerugian material tertinggi terjadi pada bulan April dengan kerugian mencapai Rp 332.000.000 dengan jumlah angkla kecelakaan tertinggi sebanyak 40 kejadian sementara korban meninggal dunia cukup tinggi sebanyak 16 orang, luka berat sebanyak 28 orang dan sebanyak 32 mengalami luka ringan.
“Kurangnya kesadaran pengguna jalan raya dalam mematuhi aturan berlalu lintas saat berkendara menjadi  faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas di Lampung Selatan,”ungkap Kasatlantas Polres Lampung Selatan AKP Mubiarto,SIK melalui Kepala unit kecelakaan lalu lintas, Aiptu Jon Lozi, Sabtu (31/10/2015).
Sementara untuk jumlah pengguna lalulintas yang meninggal dunia hingga Agustus Polres Lampung Selatan mencatat jumlah sebanyak 77 orang meninggal dunia di jalan raya, 176 orang mengalami luka berat serta 152 orang mengalami luka ringan.
Menekan angka kecelakaan lalulintas , unit lakalantas Polres Lampung Selatan terus melakukan antisipasi serta himbauan kepada seluruh pengguna jalan di lokasi lokasi yang rentan menjadi jalur kecelakaan. Selain itu himbauan kepada pengguna kendaraan agar mengecek kondisi fisik kendaraan serta pengemudinya.
Antisipasi yang dilakukan diantaranya dengan melakukan pemasangan banner, spanduk serta himbauan kepada pengguna jalan untuk berhati hati selama di jalan raya.
Langkah lain yang dilakukan Polres Lampung Selatan dalam hal ini Satlantas Polres Lampung Selatan rajin melakukan sosialisasi di sekolah- sekolah dengan memberikan kesadaran berlalu lintas.
Dalam skala besar, pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2015 menurutnya merupakan salah satu upaya pihak kepolisian untuk menekan angka kecelakaan lalulintas. Upaya tersebut dilakukan dengan memberikan himbauan agar penguna kendaraan di jalan raya mematuhi aturan lalu lintas dan melengkapi surat surat kendaraan.
Sementara itu data kecelakaan lalulintas di bulan September dan Oktober, pihak Satlantas Polres Lampung Selatan masih terus melakukan input data. Pantauan Cendananews.com di beberapa titik rawan kecelakaan lalulintas sepeti tanjakan Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni beberapa banner dipasang oleh Polres Lampung Selatan dengan berbagai himbauan kepada pengguna jalan.
Operasi zebra 2015
SABTU, 31 Oktober 2015
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Jurnalis       : Henk Widi
Bergabung dengan Cendana News pada bulan November 2014. Dengan latar belakang sebagai Jurnalis lepas di beberapa media dan backpacker, diawal bergabung dengan Cendana News, Henk Widi fokus pada pemberitaan wisata dan kearifan lokal di wilayah Lampung dan sekitarnya.
Akun Twitter” @henk_widi
Lihat juga...