Kerusakan Sejumlah Rambu Lalu Lintas Ancam Keselamatan Pengendara

Kerusakan rambu lalu lintas
LAMPUNG — Sejumlah rambu lalulintas di Jalan Lintas Sumatera Provinsi Lampung terpantau mengalami kerusakan sejak hampir satu tahun ini. Kerusakan tersebut meliputi rambu penunjuk tikungan, pembatas, dan sebagainya. Hanya terlihat rambu peringatan dari Satuan Lalulintas Polres Lampung Selatan yang masih berdiri dengan kokoh.
Hal tersebut juga berlaku di Desa Hatta Kecamatan Bakauheni Lampung Selatan. Selain rambu, marka jalan juga terlihat tidak terpelihara sehingga membingungkan karena rambu jalan justru berbalik arah dan tak beraturan.
“Sudah beberapa bulan dibiarkan begitu saja, ada yang roboh dan tinggal tiangnya terus bagian penunjuk arah tanda panahnya malah mengarah ke langit,”ungkap Sopian (34) warga Bakauheni yang setiap hari melintasi ruas jalan tersebut kepada media Cendana News, Jumat (9/10/2015).
Sementara itu saat dikonfirmasi mengenai kerusakan rambu lalulintas, Kasi prasarana keselamatan angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan, Deni Irawan mengungkapkan, pihaknya akan melihat kondisi di lapangan. Kerusakan rambu lalulintas yang sudah terdata di lapangan tersebut segera akan diteruskan ke pihak terkait dalam hal ini bagian LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.
“Kerusakan rambu tersebut kan di jalan nasional dan prosedurnya memang ada bagian tersendiri yang menangani jadi harus dilaporkan dulu oleh provinsi ke pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan,”ungkap Deni Irawan.
Ia bahkan berjanji Dishub Lampung Selatan akan segera mengambil foto beberapa rambu jalan tersebut untuk bisa diteruskan ke Dishub Provinsi Lampung dan diteruskan ke pemerintah pusat.
Di tempat terpisah, Kasat Lantas Polres Lampung Selatan, AKP Mubiarto Banu Kristanto, SIK mengakui, pihak Satlantas Polres Lampung Selatan juga banyak membuat rambu himbauan, larangan serta peringatan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera. Rambu rambu yang dibuat dengan banner dan tidak permanen tersebut sudah ada sejak angkutan lebaran tahun 2015.
Namun beberapa diantaranya juga sudah rusak, kerusakan rambu rambu tersebut lebih disebabkan dirusak oleh pengedara yang iseng, dan kondisi bahan tiang rambu-rambu  yang mudah roboh.
“Kami akan rekomendasikan ke Dinas Perhubungan, dan akan membantu menjaga rambu-rambu lalu lintas dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan sering merusaknya,” kata Mubiarto.
Pantauan Cendana News, di sepanjang Jalan Lintas Sumatera kerusakan rambu rambu tersebut terlihat tak diperhatikan bahkan oleh pihak kecamatan maupun instansi terkait di jalan yang merupakan jalur utama di Lampug tersebut dan terkesan dibiarkan.
JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi 
Foto            : Henk Widi 
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...