Kesehatan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil

Pencanangan Program Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil
BALIKPAPAN — Ibu hamil diminta memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya, setelah periksa kesehatan kehamilannya di Puskesmas, Klinik dan rumah sakit. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Suheriyono di sela kegiatan Pencanangan Program Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil di Balikpapan.
Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu hamil agar ibu sehat dan bayi yang dilahirkan juga sehat. “Pencanangan program pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ini bagian dari peringatan bulan kesehatan gigi dan hari kesehatan nasional,” kata heri didampingi Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti, kemarin.
Sri Juliarti menjelaskan, kesehatan gigi dan mulut sangat penting bagi ibu hamil karena banyak keluhan dari ibu hamil pada kesehatan gigi dan gusinya. Apabila kesehatan gigi dan mulutnya terrganggu maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil dan janin. “Masalah kesehatan gigi dan mulut juga bisa mempengaruhi asupan nutrisi pada janinnya,” sambungnya.
Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada ibu hamil setelah memeriksakan kesehatan janinnya maka  juga tidak lupa memeriksakan kesehatan gigi dan mulut. Sehingga saat pemeriksaan di puskesmas akan masuk pemeriksaan pada poli kandungan dan poli gigi. Hal ini juga sudah dianjurkan dalam buku kesehatan ibu dan anak (KIA) yang menjadi panduan. “Jadi saat periksa kehamilan pertama, ibu hamil akan masuk poli kandungan dan gigi,” seru Sri Juliarti.
Di pencanangan program tersebut, Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, pencanangan program pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil ini harus dioptimalkan. Karena ini salah satu bagian dari Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 
“Ibu hamil harus rutin memeriksakan kesehatannya karena ini salah satu upaya menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi,” tambahnya.
Ia berharap ibu hamil sangat memperhatikan kesehatannya dan janin agar bayi yang dilahirkan sehat dan ibu yang melahirkan juga sehat.
MINGGU, 18 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...