Kopertis Nilai Penyelenggaraan Mata Kuliah Umum di IAKO Ilegal

Koordinator Kopertis Wilayah XII Maluku, Maluku Utara da Papua, Zainudin Notanubun
AMBON —  Kopertis Wilayah XII (Maluku, Maluku Utara, Papua) menilai penyelenggaraan mata kuliah umum oleh Institut Agama dan Keagamaan Oikumene (IAKO) termasuk kategori ilegal karena tidak memiliki izin dari Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).
“Tidak masalah jika IAKO menyelenggarakan pendidikan agama, karena izin operasional lembaga tersebut dikeluarkan langsung oleh Kementerian agama,” kata Koordinator Kopertis Wilayah XII, Zainudin Notanubun kepada Cendana News, Rabu (21/10/2015).
Disebutkan, hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui izin operasional penyelenggaraan mata kuliah umum di IAKO. 
“Kalau ada pasti saya mengetahuinya, IAKO bisa menyelenggarakan pendidikan umum asal memiliki izin operasional dari Dikti. Kalau dia mendapatkan izin maka saya akan mendapatkan surat tembusannya. Tapi saya tidak ada. Kalau ada tembusan pasti saya melaksanaan fungsi saya untuk pembinaan, mengendalikan mereka dan melakukan pengawasan terhadap mereka,” ucapnya.
Dijelaskan, dengan belum adanya izin penyelenggaraan mata kuliah umum, pihak yayasan diduga telah melakukan pelanggaran. Dia meminta pihak berwajib segera menindaklanjuti permasalahan tersebut. 
Dikatakan, oknum yayasan IAKO yang menyelenggarakan wisuda dengan program pendidikan umum tanpa ada izin operasionalnya maka harus ditangkap, karena itu tidak terdaftar. Karena tidak ada izin operasional, maka itu pembohongan terhadap publik.
“Kami tidak punya kewenangan untuk mengambil langkah hukum terhadap IAKO. Kami menyarankan pihak keamanan untuk menangkap pengelolanya, karena Kopertis tidak punya hubungan kerja dengan mereka,” tandasnya.
Dia menegaskan, ijazah untuk mata kuliah umum dari IAKO illegal, sehingga bagi pemilik ijazah mata kuliah umum IAKO tidak bisa dipakai.
RABU, 21 Oktober 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...