KPU Manado Menetapkan DPT Sebanyak 365.000 Pemilih

Ketua KPU Manado, Eugenius Paransi
MANADO — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manado, Sulawesi Utara, menetapkan sebanyak 365.580 daftar pemilih tetap (DPT). Angka ini diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi DPT dalam rapat pleno terbuka KPU Manado yang dilakukan di salah satu hotel yang terletak di Kelurahan Sario.
Ketua KPU Manado, Eugenius Paransi mengatakan, DPT telah disahkan dengan jumlah pemilih pilkada sebanyak 365.000 lebih pemilih yang tersebar di 11 Kecamatan. Menurut Paransi, jumlah DPT ini berkurang sebanyak 6.000 pemilih dari daftar pemilih sementara (DPS) setelah dilakuan perbaikan data, seperti pemilih ganda, pindah domisili dan meinggal dunia. 
“DPT ini sudah diverifikasi setelah ada perbaikan dari DPS,” kata Paransi kepada Cendana News, Rabu (07/10/2015).
Selain itu juga dikatakan, untuk rincian DPT Manado terbagi atas dua bagian, yaitu sebanyak 181.000 berasal dari pemilih laki-laki, dan 184.000 berasal dari pemilih perempuan, dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 811 TPS yang tersebar di 87 Kelurahan.
Paransi mengatakan, penetapan DPT ini sudah melalui mekanisme yang panjang mulai dari rekapitulasi tingkat TPS dan PPK, kemudian disinkronkan dengan DPT pada pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu. 
“Meski DPT telah disahkan, namun bagi masyarakat yang belum terakomodir dalam DPT, bisa melaporkan pada KPUD atau PPS dan PPK setempat, agar namanya bisa dimasukan dalam daftar pemilih” pungkasnya.
Penyerahan DPT kepada Panwaslu
RABU, 07 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...