Kunjungan Kenegaraan, Ratu Denmark Borong Batik di Yogyakarta

YOGYAKARTA — Disela kunjungan kenegaraannya ke Indonesia dalam rangka memperingati dua tahun hubungan bilateral kedua negara, Ratu De¬nmark Her Majesty (HM) Margrethe II menyempatkan diri berkunjung ke kota budaya Yogyakarta, Sabtu (24/10/2015). Dalam kunjungan sehari itu, Ratu Margrethe II langsung menuju Balai Besar Kerajinan dan Batik di Jalan Kusumangera, Yogyakarta. Ratu Margrethe yang memang suka batik pun memborong sejumlah kain batik beragam motif.
Tiba di Balai Besar dan Kerajinan Batik Yogyakarta sekitar pukul 11.50 wib, Ratu Denmark, Her Majesti Margrethe II menghampiri stand batik ¬di lobi balai batik. Ia melihat-lihat produk-produk batik yang dipamerk¬an serta menanyakan cara pembuatannya.
Didampingi Menteri Luar Negeri ¬dan Dubes Denmark untuk Indonesia, kedatangan Ratu Margrethe disambut oleh Kepala Balai Besar Kera¬jinan dan Batik, Zulmalizar, beserta perwa¬kilan Pemda DIY. Diiring gending Jawa, Ratu Denmark kemudian mengelilingi sejumlah stand batik yang ada di Balai tersebut. 
Ratu Margrethe begitu tampak memahami kain batik. Bahkan ia pun tak segan memborong puluhan kain batik yang ada di stand Balai Besar Kerajinan dan Batik tersebut. 
“Ratu Margrethe sangat tahu mengenai batik. Ia bahkan bisa membedakan batik dengan perwarna alami dengan yang bukan,” ujar Indri Dwi Rinasari, penjaga stand batik.
Kurang lebih setengah jam Ratu Denmark berada di Balai Kerajinan dan Batik, untuk kemudian meneruskan lawatannya ke UGM Yogyakarta untuk memberi kuliah umum. Dalam kunjungannya di Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta tersebut, Ratu Margrethe menerima cinderamata berupa hiasan dinding kain batik ya¬ng sudah dipigura. 
Selepas kunjungannya ke Balai Besar Kerajinan dan Batik serta UGM Yogyakarta, Ratu Margrethe berkunjung pula ke Candi Prambanan dan Borobudur, untuk kemudian bertolak ke Jakarta esok harinya.

SABTU, 24 Oktober 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...