Lion Air Membatalkan Semua Penerbangan dari Bandara Halu Oleo Kendari

Calon Penumpang Lion Air
KENDARI—Pada hari Sabtu (24/10/2015) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kota Kendari melansir bahwa asap kiriman dari Papua bagian selatan sudah menyebar memasuki beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara, yaitu wilayah Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Baubau, Buton, dan Muna. 
Selain disebabkan oleh asap kiriman dari Papua bagian selatan, muncul juga kabar bahwa kabut asap yang memasuki wilayah Konawe Utara (Konut) diduga karena adanya kebakaran lahan di Malili, Mamuju, Morowali dan Kolaka Utara. 
Kondisi landasan Bandara Halu Oleo Kendari
Pekatnya kabut asap di wilayah Sulawesi Tenggara pada hari ketiga, Minggu (25/10/2015) kembali memberikan dampak bagi jadwal penerbangan dari Bandara Halu Oleo Kendari. Sebagaimana dikabarkan oleh Fridolin David Lawole kepada Cendana News bahwa pada hari ini beberapa penerbangan terpaksa dibatalkan karena dampak kabut asap. 
“Hari ini, hanya maskapai Garuda yang tetap menjalankan penerbangannya. Tadi penerbangan pertama pukul 09.30 WITA tujuan Makassar-Jakarta dan nanti sebentar pukul 16.00 WITA penerbangan dengan tujuan yang sama,” jelas lelaki yang kesehariannya bekerja di bandara Halu Oleo Kendari sebagai salah satu petugas keamanan penerbangan.
Sementara maskapai Sriwijaya, menurutnya masih belum memberikan kepastian apakah tetap melanjutkan jadwal penerbangannya atau tidak, hal ini dikarenakan pihak maskapai masih terus memantau perkembangan kabut asap yang menyelimutii bandara. 
“Sedangkan maskapai Lion Air, hari ini sudah bisa dipastikan membatalkan semua jadwal penerbangan,” tegasnya. 
Mengenai keputusan Garuda Air yang tetap melakukan penerbangan pertama pada pagi hari dan akan melakukan penerbangan pada sore ini, Fridolin tidak berani memberikan keterangan pasti. 
MINGGU, 25 OKTOBER 2015
Jurnalis : Intarti
Foto : Fridolin David Lawole
Editor : Gani Khair
Lihat juga...