Loading Point Pipa CPO Pelindo II Teluk Bayur Bocor

Saluran pipa CPO
PADANG — Pipa pemuat Cruid Palm Oil (CPO) yang ada di PT Pelindo II cabang Teluk Bayur, Sumatra Barat (Sumbar) mengalami leak (kebocoran) saat tengah handling atau bongkar muat.
Dari 14 aliran pipa yang ada, pipa no 10 mengalami leak di loading pointnya kala handling CPO. Manajer operasional PT Pelindo II cabang Teluk Bayur, Erika Sudarto menjelaskan, kejadian tersebut langsung ditangani pihaknya secara cepat, sehigga tidak merembes dan mencemari laut di sekitar dermaga 7 Teluk Bayur itu.
Erika Sudarto
“Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB, anggota kita langsung menghentikan handling, dan membereskannya, sekitar satu jam prosesnya,” jelas Erika sembari menunjukkan pipa yang mengalami kebocoran tersebut pada Cendana News, kemarin (06/9/2015).
Pihaknya sempat khawatir jika tumpahan CPO tersebut meluber kelaut. Namun ia mengaku tidak ada yang tumpah kelaut, meski ketika Cendana News di lokasi, masih didapati bekas tumpahan CPO di lantai dermaga.
“Karena yang bocor itu terjadi di loading pointnya, tidak ada yang tumpah kelaut. Yang tumpah itu  hanya satu drum, namun karena sudah bercampur dengan serbuk yang ada dilantai dermaga, jadinya dua drum,” lanjutnya.
Menurut Erika, kebocoran tersebut karena adaya perbedaan discharge pressure (tekanan) pada pipa.  Sehingga pompa yang dioperasikan tidak mampu mendorong CPO keatas kapal. Erika mengaku, pipa serta pompa yang digunakan belum ada yang mencapai umur satu tahun atau 2080 jam kerja. Dan ia mengaku melakukan perawatan setiap 300 dan 600 jam kerja.
“Belum, belum ada yang sampai setahun umurnya, kami selalu melakukan perawatan rutin,” pungkasnya.
Pelabuhan Teluk Bayur  ini melayani aktivitas bongkar muat 200.000 ton CPO per hari atau 500 truk per hari. Dalam sehari, rata-rata empat kapal CPO bersandar di pelabuhan itu untuk melayani ekspor ke Eropa, India, Pakistan, dan Timur Tengah.
RABU, 07 Oktober 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...