Lulusan Unair Diharapkan Bisa Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Seminar Mandiri Edukasi di Unair
SURABAYA —– Persaingan yang ketat di era globalisasi, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) diharapkan mampu berwirausaha untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lapangan kerja. Modal untuk berani membuka usaha baru mutlak di perlukan bagi generasi muda.
“Jaman sekarang lulusan baru harus menciptakan lapangan kerja, jangan mencari kerja,”sebut Wakil Rektor 1 Unair, Djoko Santoso saat seminar bertemakan entrepreneurship bekerjasama dengan Bank Mandiri di Surabaya, Kamis (22/10/2015).
Disebutkan, beberapa cara untuk bisa menjadi wirausahawan antara lain dengan belajar, mulai dari acara seminar dan workshop dengan perusahaan yang berhasil hingga sharing kepada mahasiswa.
Sementara itu, Direktur Risk Management, Legal, and Complience Bank Mandiri, Ahmad Siddik Badruddin sebagai narasumber mengungkapkan bagaimana caranya menjadi pribadi yang berjiwa entrepreneur.
“Ada tiga kemampuan yang harus dimiliki, yakni kemampuan berinteraksi, mampu bekerja keras dan mampu beradaptasi,” terangnya.
Selain itu diperlukannya inovasi dan jangan terlena dengan zona nyaman. Zona nyaman yang dibangun dari kegiatan yang sama berulang kali.
“Harus ada perubahan dalam diri kita, harus berevolusi agar bisa survive dimasa mendatang,” tandasnya.
Selain itu diperlukan networking atau berteman dengan semua kalangan juga penting untuk menjadi entrepreneur. Lalu, softskill dipelajari dari pengalaman sehari-hari, bagaimana mengatasi konflik, bagaimana menjadi pemimpin pada diri sendiri. 
“Yang peting yaitu karakter, bagaimana menjaga akhlak yang baik dan bisa disegani orang lain,”ujarnya.
KAMIS, 22 Oktober 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...