Masyarakat Hindu Bali di Lampung Gelar Ritual Odalan Sanggah


LAMPUNG — Masyarakat penganut agama Hindu di Desa Sumur Kecamatan Ketapang Lampung Selatan menggelar ritual Odalan Sanggah yang merupakan ritual khusus persembahyangan umat Hindu yang dilakukan saat bulan Purnama berlangsung. Umat Hindu melakukan sembahyang di pura bersama seluruh anggota keluarga dengan dipimpin oleh seorang pendeta.
Menurut salah satu warga penganut Hindu di Desa Sumur, Nyoman Pudja(40) dirinya merayakan odalan sanggah sejak pagi hingga siang hari bersama seluruh anggota keluarganya. Bersama sang istri Made Chandri (39) dan keempat anaknya serta keluarga besar ia melakukan doa bersama di pure keluarga yang berada di dekat rumahnya.
“Kami melangsungkan upacara atau doa bersama sejak pagi tadi dan akan dilanjutkan nanti menjelang sore hingga malam bersama keluarga keluarga yang lain di desa ini,”ungkap Nyoman Pudja saat ditemui Cendana News di rumahnya, Selasa (27/10/2015).
Nyoman yang berasal dari Tabanan Bali ini mengaku, ritual Odalan Sanggah merupakan doa bersama anggota keluarga untuk bersyukur dan mendoakan para leluhur yang sudah meninggal. Selain itu memohon keselamatan seluruh anggota keluarga yang masih hidup. Odalan Sanggah dilakukan dalam waktu khusus bertepatan dengan bulan purnama dan puncaknya akan dilakukan doa bersama di Pure Pusekh (pure desa).
“Kami akan melakukan persembahyangan purnama tilem nanti malam di pure desa bersama seluruh warga desa yang memeluk agam Hindu di sini,”terangnya.
Pantauan media CDN, seluruh anggota keluarga terlihat bersembahyang di pure keluarga sejak pagi. Beberapa sesaji disiapkan oleh para wanita sementara kaum lelaki melakukan doa dan secara bergantian melakukan doa sambil meletakkan sesaji di tempat tempat khusus baik di pure, di beberapa sudut rumah dan tepi jalan. Nyoman mengungkapkan ritual tersebut dilakukan untuk memohon keselamatan terhadap seluruh keluarga dan tempat tinggal mereka.
Ia mengaku selain sebagai ritual keagamaan, Odalan Sanggah tersebut menjadi pemersatu dan semakin mempererat hubungan keluarga saat melakukan doa bersama. Ia berharap keselamatan diperoleh baginya dan seluruh keluarga dan kemakmuran akan selalu melingkupi keluarganya.
SELASA, 27 Oktober 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...