Masyarakat Transmigrasi Berharap Ada Akses Telekomunikasi dan Penerangan

Masyarakat di Sumbawa Barat
SUMBAWA BARAT — Keberadaan ratusan warga masyarakat yang bermukim di daerah transmigrasi satuan permukiman (SP) satu sampai empat, Kabupaten Sumbawa Barat bagian selatan, Provinsi Nusa Tenggara Barat sampai sekarang masih sangat memperihatinkan dan terisolasi.
Selain merupakan daerah perbukitan panas dan kering, dari segi fasilitas penunjang berupa akses informasi telekomunikasi, penerangan listrik juga belum ada tersedia termasuk sejumlah fasilitas lain berupa fasilitas kesehatan juga belum memadai.
“Sinyal untuk telepon di semua daerah transmigrasi, mulai dari satuan permukiman satu sampai empat tidak ada sama sekali, sehingga untuk mendapatkan sinyal nelpon harus ke daerah Tongo dulu yang jarak tempuhnya sampai belasan kilometer” kata Masi’ah, warga transmigrasi satuan permukiman tiga KSB, Kamis (29/10/2015).
Hal hampir serupa di sampai Murni, warga satuan permukiman empat KSB. Dia menambahkan, selain jauh, jalanan yang dilewati juga masih rusak dan berdebu, lebih – lebih pada musim kemarau seperti sekarang, cuaca di KSB juga cukup panas. Fasilitas penerangan listrik juga belum semua satuan permukiman teraliri, hanya di wilayah SP1 satu saja yang sudah teraliri.
Karena itulah, dengan adanya pembangunan jalan lingkar selatan KSB yang masih dalam proses pengerjaan sekarang ini oleh Badan Jalan Nasional, semua fasilitas penunjang tersebut bisa diberikan pememerintah kepada masyarakat transmigrasi, supaya aktivitas prekonomian masyarakat dari hasil pertanian bisa berkembang.
“Potensi pertanian dari hasil berladang berupa jagung yang ditanam di areal lahan yang luasannya mencapai puluhan bahkan ratusan ribu hektar di daerah transmigrasi sebenarnya cukup potensial, tapi karen akses informasi dan infrastruktur jalan yang kurang memadai menjadi salah satu kendala prekonomian warga setempat lamban berkembang,” katanya.
KAMIS, 29 Oktober 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...