Melalui ICCC 2015, Kendari Kreatif Memperjuangkan Kendari Sebagai Kota Kreatif.

Rendra Manaba

KENDARI—Setelah mewakili kota Kendari dalam Creative Cities Conference yang menjadi rangkaian Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 26 – 27 April 2015 lalu, kini Kendari Kreatif kembali mewakili kota Kendari dalam ICCC 2015 (Indonesia Creative Cities Conference) yang diselenggarakan di Solo pada 22 – 25 Oktober 2015. (Baca berita : Kendari Kreatif Mewakili Kota Kendari dalam Creative Cities Conference, Bukan Pemerintah)

Rendra Manaba, Pendiri sekaligus Ketua Kendari Kreatif menyampaikan kepada Cendana News pada Kamis (22/10/2015) tentang keberangkatannya bersama rombongan menuju kota Solo, Jawa Tengah. Rendra menegaskan bahwa Kendari Kreatif membawa misi besar dalam keikutsertaannya dalam ajang ICCC 2015. 
“Kendari Kreatif membawa misi besar yaitu pengembangan industri kreatif lokal dalam ICCC 2015 ini.” ujar Rendra yang juga Ketua Forum Indonesia Heritage ini. 

Menilik tujuan dari diselenggarakannya ICCC 2015, yaitu menghubungkan kota dan kabupaten di Indonesia untuk saling berbagi pengalaman, ide-ide dan praktek-praktek terbaik untuk pengembangan budaya, sosial dan ekonomi, kerjasama industri kreatif dengan memastikan peran kota dan kabupaten kreatif di Indonesia sebagai pusat keunggulan dan kebutuhan untuk saling mendukung antar kota-kota di Indonesia, Perumusan 10 prinsip Kota Kreatif Indonesia, dan terbentuknya Indonesia Creative Cities Network (ICCN) sebagai bagian dari program pengembangan industri kreatif dengan menghadirkan karya dan produk unggulan setiap kota di Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam program Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Maka tidaklah berlebihan jika Rendra mengharapkan dengan mengikuti ajang ini Kendari Kreatif bukan hanya sekedar menjadi komunitas anak muda kreatif di ibukota provinsi Sulawesi Tenggara tetapi juga menjadi sebuah ruh  dalam menggerakkan perekonomian lokal dan tidak lagi dikucilkan oleh pemerintah daerah. 
“Komunitas Kendari Kreatif selama ini dikucilkan oleh pemerintah daerah, dalam ajang ICCC 2015 diharapkan Kendari Kreatif semakin mampu memperjuangkan Kendari sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia,” pungkas lelaki yang tengah menyiapkan diri untuk maju dalam bursa pemilihan Walikota Kendari pada tahun 2017 mendatang. (Baca berita : Pejuang Kota Lama Memastikan Diri Maju Dalam Bursa Cawalkot Kendari)

JUM’AT, 23 OKTOBER 2015
Jurnalis : Sari Puspita Ayu
Foto : Dokumen pribadi Rendra Manaba
Editor : Sari Puspita Ayu

Lihat juga...