hut

Mencicipi Pedasnya Pelecing Kangkung Lombok

Pelecing Kangkung
LOMBOK — Selain nasi puyung inaq (Ibu) Esun Lombok, salah satu sayuran dan menu makanan khas masyarakat suku Sasak yang banyak diburu dan mengundang rasa penasaran wisatawan, khususnya wisatawan asing yang datang berlibur ke Pulau Lombok adalah pelecing kangkung.
Di beberapa daerah, pelecing kangkung mungkin bisa ditemukan, tapi wisatawan lebih banyak menyukai pelecing kangkung Lombok. selain karena jenis dan cita rasa kangkung Lombok yang lebih gurih dan segar dibandingkan kangkung daerah lain, juga dikenal karena racikan bumbu yang pedes.
Hal itulah yang membuat pelecing kangkung Lombok banyak diburu wisatawan mancanegara maupun asing. Tapi bagi anda yang mungkin baru pertama kali mencicipi pedesnya pelecing kangkung Lombok, lebih – lebih anda dari Pulau Jawa yang terbiasa dengan makanan manis, harus hati – hati.
Bagi wisatawan yang tidak terbiasa dengan makanan pedes, selain bisa menyebabkan perut mulas, wisatawan juga bisa dibuat menangis dan ternganga nganga dengan pedesnya racikan sambal khas Lombok.
Tapi bagi yang tidak biasa dengan makanan pedas sebenarnya bisa menikmati pelecing kangkung dengan racikan bumbu yang pedesnya sedang, asalkan disampaikan kepada penjual saat membeli di warung makan
Rasa Kangkung Lombok yang nikmat dan gurih menjadikannya banyak diburu, tidak hanya sekedar konsumsi rumah tangga, bahkan hampir disemua warung, rumah makan, retoran bahkan perhotelan baik dalam kegiatan acara maupun menu makan perorangan wisatawan sering disediakan.
Bahkan kangkung Lombok telah diekspor sampai ke luar Pulau Lombok seperti pulau Dewata Bali maupun Pulau Jawa dalam skala besar, baik untuk dijadikan konsumsi rumah tangga maupun konsumsi dan menu makan warung makan.
Nah bagi anda yang mungkin penasaran dan ingin mencoba tantangan dengan mencicipkan lidah dengan pedesnya pelecing kangkung Lombok, tidak ada salahnya berkunjung ke Lombok sambil berlibur menikmati pesona pantai dan wisata alam pegunungan Pulau Lombok yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Puluhan ribu masjid.
Pelecing kangkung di Lombok sendiri bisa dengan mudah bisa ditemukan hampir di setiap warung, rumah makan hingga restoran dari semenjak baru turun di Bandara Internasional Lombok.
Tapi untuk mendapatkan menu pelecing kangkung dengan racikan bumbu khas dan enak, wisatawan sebaiknya bisa lansung ke Kota Mataram menggunakan bus damri atau taxi.
MINGGU, 25 Oktober 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...