Mengenal Lebih Dekat Kota Jakarta Lewat Wisata ke Balai Kota

Gedung Balai Kota DKI Jakarta
JAKARTA — Balai Kota Provinsi DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 8-9, Gambir disaat hari libur menjadi objek wisata gratis dengan pemandu wisata profesional yang selalu siap membantu masyarakat yang ingin melihat bagaimana suasana tempat bekerja Gubernur DKI Jakarta beserta seluruh staff nya.
Bersama Soeripto,  seorang pemandu wisata kawakan, pengunjung diajak berkeliling menyaksikan keadaan Gedung Balai Kota yang tidak besar namun menyimpan banyak sekali hal-hal menarik.
Mulai dari ruang tamu yang menyajikan furniture nuansa Betawi, dilanjutkan ke ruang penerimaan tamu penting atau tamu besar,  ruang kerja Gubernur, Galeri, Balairung, ruang pertemuan/meeting pimpinan untuk evaluasi kerja,  dan ruang khusus Tim Pembebasan Urusan Tanah (TPUT). 
Soeripto menjelaskan satu persatu Para Gubernur yang pernah memimpin DKI Jakarta mulai era Suwirjo,  Henk Ngantung,  Ali Sadikin,  R. Soeprapto,  Sutiyoso,  sampai Joko Widodo. 
” Suku Jawa,  Sulawesi,  dan keturunan Tionghoa juga pernah memimpin Jakarta. Ini mewakili betapa Jakarta adalah sangat majemuk, ” ujar Soeripto.
Bersamaan turut serta seorang wanita muda bernama Santi asal Depok bersama ibundanya. Ia memiliki kesan unik terhadap program wisata balai kota berikut profil-profil para Gubernur yang pernah memimpin DKI Jakarta.
” Saya dulu mengira kantor Gubernur itu mewah, ternyata lebih bernuansa budaya bukan kemewahan. Dan profil-profil Gubernur nya juga luar biasa. Ada yang kalem, ada yang ganteng seperti Henk Ngantung,  dan ada yang meledak-ledak serta tidak mudah digertak seperti Pak Ahok dan Ali Sadikin. Coba anda bandingkan jaman Pak Harto jadi Presiden dengan era setelah beliau. Dari seluruh Presiden kita hanya Pak Harto tipikal pemimpin yang tidak mudah digertak, nah butuh karakter seperti itu untuk memimpin Jakarta yang sangat majemuk ini, ” jelas Santi kepada Cendana News.
Sebelum berpisah, Soeripto sang pemandu wisata menjelaskan bahwa setiap hari minggu siang di ruang serba guna balai kota akan selalu dilakukan pemutaran film nasional. Ia mengundang seluruh masyarakat untuk selalu mengunjungi Balai Kota setiap Minggu siang untuk nonton bareng (nobar).
Sedangkan harapan kedepan dari Santi dan Ibundanya,  Jakarta bisa menjadi Kota yang benar-benar aman dan nyaman. Kebijakan pemimpinnya juga harus bisa menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat Jakarta.

SABTU, 10 Oktober 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...