Menikmati Kenyamanan KRL Jabodetabaek Rute Pasar Senen-Bogor

3 rangkaian KRL sedang berhenti di stasiun Bogor
JAKARTA — PT. KAI Commuter Line Jabodetabek ( KCJ ) sebagai operator tunggal yang mengoperasikan jasa layanan angkutan Kereta Rel Listrik ( KRL ) terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan demi kenyamanan para penumpang. 
Sebelumnya KRL ditangani langsung oleh PT. Kereta Api Indonesia ( KAI ), namun beberapa tahun terakhir samapai sekarang pengelolaannya ditangani oleh PT. KCJ.
Cendana News mencoba merasakan bagaimana pelayanan naik KRL Jabodetabek dari stasiun Pasar Senen ( Jakarta Pusat ) dengan tujuan stasiun Bogor ( Jawa Barat ) Pulang Pergi. Tarif yang dikenakan untuk sekali perjalanan dari Senen ke Bogor Rp. 5.000 per orang, dengan jaminan kartu elektronik senilai Rp. 10.000.
Kartu elektronik tersebut dipergunakan untuk akses di pintu masuk stasiun dan pintu keluar stasiun di seluruh wilayah Jabodetabek, namun uang jaminan kartu elektronik senilai Rp. 10.000 akan dikembalikan dalam bentuk uang tunai, setelah kita mengembalikan kartu tersebut ke loket yang tersedia di semua stasiun.
Tepat pada waktunya, pada pukul 13:45 WIB, rangkaian 12 gerbong KRL ekonomi AC berangkat dari stasiun Pasar Senen menuju ke stasiun Bogor, kesejukan pendingin udara ( AC ) ditambah dengan hembusan kipas angin seakan menambah kenyamanan para penumpangnya.
Tempat duduk penumpang sangat nyaman dengan ruangan interiornya juga sangat rapi dan bersih. Pengamatan Cendana News selama perjalanan terlihat banyak para penumpang tertidur pulas menikmati suasana kenyamanan angkutan massal cepat KRL yang terintegrasi / Mass Rapid Transit ( MRT ).
Yuliani, salah satu penumpang yang sering menggunakan jasa layanan angkutan transportasi KRL karena terifnya murah jika dibandingkan dengan jenis layanan angkutan lain.
“Saya sering naik KRL dari Jakarta ke Bogor atau sebaliknya, karena tarifnya sangat terjangkau, apabila dibandingkan dengan naik moda transportasi lainnya dan tentu saja bebas macet, ” terangnya.
Yuliani menambahkan, pelayanan KRL sekarang jauh lebih baik daripada sebelumnya, kini KRL lebih bersih, begitupun juga stasiunnya tertata dengan baik, ketepatan waktu tiba dan berangkat efisien dan dengan penambahan dari 8 gerbong menjadi 12 gerbong membuat daya angkutnya bertambah, sehingga tidak terjadi lagi penumpukan penumpang pada jam – jam sibuk.
Sekitar pukul 16:15 WIB, KRL telah tiba di stasiun Bogor, selama perjalanan tidak ditemui hambatan yang berarti, cuman KRL sempat berhenti agak lama sekitar 20 menitdi stasiun Duri, Jakarta Barat. Selepas itu KRL berjalan lancar, tiap – tiap stasiun hanya berhenti paling lama sekitar 5 menit, walaupun tidak terdapat toilet di dalam gerbong, namun di setiap stasiun yang dilalui disediakan toilet yang bersih dan memadai.
2 petugas keamanan berjaga di dalam gerbong KRL

JUMAT, 30 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...