Mobil Diesel di Papua Sebagian Besar Tidak Lolos Uji Emisi

Knalpot Mobil [Ilustrasi]
JAYAPURA — Menindaklanjuti program nasional “Evaluasi Kualitas Udara perkotaan Strategis Nasional” yang dilakukan serentak pada 45 kota dari 33 provinsi di seluruh Indonesia, terdapat tiga catatan uji emisi di Kota Jayapura.
Kepala Sub Bidang Pengawasan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Provinsi Papua, Frangklin Situmeang mengaku pihaknya telah melakukan uji emisi di Kota Jayapura sebanyak tiga kali. Perlu digaris bawahi, lanjutnya, kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar (diesel), hampir keseluruhannya melebihi dari hidra karbon.
“Dari tiga kali uji emisi sepanjang jalan kota Jayapura, dalam tiga tahun ada tiga catatan kualitas udara, pertama ada beberapa parameter udara sudah mendekati baku mutu, bahkan ada yang melebihi seperti hidro karbon,” kata Frangklin, Selasa (27/10/2015).
Selanjutnya, uji kendaraan yang dilakukan rata-rata pengguna solar tidak lolos uji emisi. Penyebab utamanya, lanjut Frangklin, kurangnya perawatan serta kualitas bahan bakar solar. “Kalau bensin masih 80 – 85 persen yang lolos uji emisi, lainnya tidak lolos,” ucapnya.
Pemilik kendaraan yang tak lulus uji emisi, lanjutnya, akan diberikan himbauan agar dapat merawat kendaraannya lebih baik dari saat ini. “Langkah-langkah kami, yang lolos maupun tidak lolos uji emisi, kami berikan himbau lakukan perawatan kendaraan,” katanya.
Roy, salah satu pemilik kendaraan roda empat berbahan bakar bensin mengaku sangat senang dengan adanya uji emili yang dilakukan petugas tersebut. Ini juga sekaligus untuk melihat langsung kendaraan miliknya, apakah asap knalpot kendaraannya dapat cemarkan lingkungan atau tidak.
“Seharusnya jangan dilakukan setahun sekali, kalau perlu setiap bulan sekali, karena grafik jumlah kendaraan di Kota Jayapura kan semakin banyak, ditambah dengan usia kendaran yang juga semakin bertambah,” katanya.
SELASA, 27 Oktober 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...