Ngarai Maaram, Destinasi Baru Kota Bukittinggi

Jembatan selfie di Objek wisata Ngarai Maaram
BUKITTINGGI — Jika mengunjungi Bukittinggi, yang terkenal dengan Jam Gadangna ternyata memiliki destinasi baru bernama Ngarai Maaram. Lokasinya yang terletak bersebelahan dengan kantor Kelurahan Kayu Kubu. Atau lebih tepatnya berada di belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Mochtar.
Sejatinya Ngarai Maaram merupakan sebuah taman sebagai bagian ruang terbuka hijau di Kota Bukittinggi. Taman ini belum sepenuhnya rampung karena masih banyak sisi yang tengah dibenahi oleh Pemko Bukittinggi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Karena pengerjaannya yang belum selesai, maka destinasi yang satu ini masih belum diresmikan dan belum dipakai untuk umum.
Meski belum diresmikan, kehadiran taman ini ternyata mampu menyedot perhatian turis lokal. Pada hari libur, taman ini lumayan padat oleh pengunjung. Belum lagi pada akhir pekan, banyak wisatawan domestik yang sengaja ke Ngarai Maaram ini, seusai berkeliling Kota Bukittinggi.
Dinamakan Maaram (longsor,runtuh) karena lokasi kontur tanahnya yang berada di sepanjang sisi tebing Ngarai Sianok. Demi keamanan pengunjung, di sisi tebing yang mengarah langsung ke Ngarai, diberi pengamanan berupa pagar.
Uniknya, design taman ini mengikuti trend kekinian. Sebuah pojok yang mendekati ngarai dan berada di bibir tebing, atau wahana yang disebut “Jembatan Selfie”. Jembatan dengan panjang sekitar 50 meter  dengan gaya letter L ini memang dibuat berkat kejelian para tukang dengan memanfaatkan fenomena selfie yang tengah menjamur sehingga amat digandrungi oleh anak muda.
Disamping itu, kawasan ini cukup dipenuhi tumbuhan hijau dan udaranya pun amat sejuk. Hanya saja, tak banyak area di lokasi ini bisa digunakan sebagai sarana melirik keagungan Ngarai Sianok.
Jadi selain berselfie ria, disini pengunjung juga dapat beristirahat santai dengan keluarga sembari menikmati sejuknya udara Bukittinggi yang terkenal itu. Tak perlu khawatir, untuk mengunjungi taman ini, pengunjung hanya dikenai tarif parkir saja.

SABTU, 17 Oktober 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...