Parfum Laundry Jadi Peluang Usaha Baru di Balikpapan

Usaha parfum laundry di Balikpapan-ferry
BALIKPAPAN — Perkembangan usaha jasa laundry (cucian) kiloan di sejumlah kawasan kota Balikpapan saat ini cukup banyak. Hal tersebut membuka peluang untuk membuat bisnis usaha parfum laundry kiloan.
Bisnis parfum laundry masih terbilang sedikit dan peluang untuk menggeluti bisnis usaha tersebut masih besar.
 “Baru 2 minggu stok parfum habis, sekarang lagi nunggu kiriman,” ujar Sarda dan Alma pramuniaga toko Wijaya yang membuka bisnis parfum laundry saat dijumpai ditokonya, Sabtu (24/10/2015).
Menurutnya, bisnis parfum laundry yang dibuka di kawasan dam kota Balikpapan ini baru hadir tiga bulan lalu. Alasan dibukanya bisnis parfum laundry ini karena ini menjadi peluang usaha dan bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan banyaknya masyarakat membuka bisnis laundry rumahan.
“Baru dibuka tiga bulan permintaan sudah banyak. Parfum yang merupakan pewangi semprot ini dipasok dari luar kota,” jelasnya.
Parfumnya dijual dalam botol plastik berwarna bening bekas air minum dalam kemasan. Tersedia berbagai ukuran dalam satuan liter. Umumnya, kemasan botol dikonsumsi rumah tangga. Sedangkan pengusaha laundry menjatuhkan pilihan kemasan jeriken 5 liter. Terdapat 16 varian warna. Aroma dengan keharuman yang lembut yang paling diminati.
Ada 3 tipe pewangi yang ditawarkan, kualitas standar dengan kekuatan aroma 1 hari, kualitas super awet hingga 2 hari dan kualitas premium yang mampu menyemprotkan aroma hingga 1 minggu lamanya. Per liter parfum premiumnya dipatok Rp30 ribu. Sementara parfum kualitas standar dan super masing-masing secara berurutan dipatok Rp35 ribu dan Rp40 ribu untuk setiap 1,5 liter.
Sarda menambahkan permintaan tidak hanya datang masyarakat yang membuka usaha laundry. Namun permintaan juga datang dari rumah tangga karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah. 

SABTU, 24 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...