Pasca Kebakaran, Pemprov Sulut akan Evaluasi Izin Tempat Hiburan

Kunjungan Gubernur melihat kondisi korban kebakaran tempat hiburan malam 
MANADO — Pasca kebakaran di salah satu tempat hiburan malam di Manado Sulawesi Utara, tepatnya di karaoke Inul Vista yang menewaskan 12 orang membuat pemerintah setempat mengambil tindakan untuk mengevalusi perizinan.
“Kami akan melakukan evaluasi terhadap seluruh tempat hiburan di Manado, termasuk sistem keamanan dan fasilitiasnya, agar peristiwa di Inul vista tidak terulang kembali”, tegas Pejabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sonny Sumarsono di Manado, Senin (26/10/2015).
Disebutkan, hasil investigasi di karoeke Inul Vista di Manado, ditemukan di lokasi tersebut tidak memiliki fasilitas standar keamanan ketika terjadi bencana seperti kabakaran. 
“Tempat Karoeke itu tidak memiliki standar keamanan saat terjadi kebakaran, seperti tabung pemadam dan tangga darurat, sehingga saat peristiwa kebakaran yang terjadi pada minggu dini hari kemarin, banyak korban jiwa berjatuhan, karena para pengungjung tidak memiliki tempat untuk menyelamatkan diri dan evakuasi,”sebutnya.
Sumarsono menyatakan, aturan ini akan terus diperbaharui dan bagi bangunan tempat hiburan yang tidak layak dan melanggar aturan akan dicabut izinya.
Dikatakan, dalam evaluasi tempat hiburan malam pihaknya juga akan mengeluarkan surat edaran untuk membatasi  jam operasional bagi seluruh tempat hiburan di Manado terutama tempat karoeke seperti Inul Vista. 
“Pemerintah akan mengeluarkan aturan baru seluruh tempat hiburan malam akan dibatasi jam oprasinya, Senin hingga Jumat jam oprasi sampai Pukul 00 Wita, sedangkan Sabtu dan Minggu sampai pukul 01.00 Wita”, kata Sumarsono.
Tempat hiburan malam yang terbakar
SENIN, 26 Oktober 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...