Pemda Manggarai Gandeng Koperasi Kelola Pojok Kuliner Pasar Puni

Kadis Perindagkop, Herry Ngabut
FLORES — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, akhirnya menemukan langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan pojok kuliner yang sudah dibangunnya di area Pasar Puni Ruteng. Langkah strategis tersebut ditempuh Pemda setempat dengan menggandeng lembaga koperasi sebagai mitra pengelola. Pihak ketiga diharapkan mampu mendongkrak tempat ini menjadi sentra kuliner yang atraktif dan diminati masyarakat.
Pemda Manggarai melalui Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Kadis Perindagkop), Herry Ngabut mengatakan, pemerintah tidak memiliki urusan langsung untuk mengkoordinir para pengusaha kuliner yang ada di tempat tersebut. Wewenang itu telah diserahkannya kepada pihak Koperasi Sehati selaku mitra kerja.
“Kalau kuliner Pasar Puni itu dikelola Koperasi Sehati. Jadi, orang-orang yang ada di sentra kuliner itu ada di bawah kawalannya koperasi,” ungkap Herry di ruang kerjanya, Jumat (09/10/2015).
Lembaga koperasi terkait diharapkan mampu mendorong para anggotanya dalam menjalankan bisnis kuliner. Hal ini penting demi tercapainya target pendapatan yang optimal, baik bagi pengusaha sebagai pribadi dan anggota lembaga koperasi maupun bagi Pemda. 
“Karena ada dua kewajiban mereka di sini. Selain kewajiban sebagai anggota koperasi, mereka juga sebagai pedagang memiliki kewajiban membayar retribusi kepada pemerintah,” katanya.
Pantauan Cendana News, sinyal akan dimulainya aktivitas kuliner di tempat ini sudah mulai terlihat. Tampak sudah ada peti etalase kaca yang diletakkan di setiap ruang yang sudah dibagi. Namun, belum diketahui pasti, entah kapan para pengusaha kuliner bisa menjalankan roda usaha mereka di tempat ini. Herry sendiri mengakui, pihaknya masih harus membereskan sejumlah sarana tertentu terkait dengan aktivitas tersebut.
“Kita masih usahakan air dan listrik ke tempat ini. Kita sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai hal ini. Sekarang sedang dilakukan pemasangan jaringan,” tutur Herry.
Pojok kuliner Pasar Puni merupakan sentra kuliner pertama yang ada di Kota Ruteng. Pembangunan tempat seperti ini, diakui Herry, sangat penting untuk memberi warna pada malam di hari di ibukota Kabupaten Manggarai. 
“Pojok kuliner ini ‘kan memang sangat perlu untuk kehidupan malam kota. Ini juga dalam rangka menggenjot transaksi yang makin ramai. Awalnya memang belum begitu nampak,” pungkasnya. 
JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...