Pemkot Malang Gelar Uji Emisi Gratis untuk Kendaraan Pribadi

Uji emisi kendaraan di Malang
MALANG — Dalam rangka program Adipura dan program langit biru, dengan dibantu pihak Kepolisian dan juga Dinas Perhubungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkot Malang menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan pribadi. Ditargetkan setidaknya ada 1500 kendaraan pribadi yang akan di uji emisi yang diadakan di jalan Simpang Balapan kota Malang, Selasa (27/10/2015).
Tri Santoso
Kepala Subbidang (Kasubbid) Pengendalian Lingkungan dan Pengelolaan Limbah, Tri Santoso menjelaskan, uji emisi gratis kali ini khusus untuk menguji gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi karena uji emisi untuk kendaraan umum sudah dilakukan oleh Dinas Perhubungan, ucapnya.
“Ada empat kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka program Adipura ini. Selain uji emisi, kami juga akan lakukan pemantauan kerja lalu lintas, perhitungan volume lalu lintas pada ruas jalan berdasarkan pengelompokan jenis kendaraan atau sering disebut juga traffic counting dan kegiatan yang terakhir adalah uji kualitas bahan bakar,” jelasnya.
Disebutkan, hasil dari semua kegiatan ini nantinya akan digabung, dihitung dan ditotal kemudian dievaluasi serta dianalisa untuk dijadikan bahan penilaian Adipura.
“Penilaian Adipura sendiri ada dua yaitu kualitas udara ambien dan kualitas udara emisi,”terangnya.
Tri Santoso menambahkan, sebenarnya ada uji lain yang sedang dilakukan yaitu pengujian kualitas udara dengan metode Passive sampler dengan cara meletakkan alat indikator di beberapa titik untuk mengetahui kualitas udara khusus untuk NO2 dan SO2.
Diakui juga evaluasi yang sudah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup tahun 2014, BLH Pemkot Malang mendapat peringkat ke empat terbaik tingkat Nasional untuk kategori kota Besar.
Sementara itu dari pantauan Cendana News, ratusan kendaraan pribadi yang melintas di jalan Simpang Balapan diarahkan oleh pihak Kepolisian maupun Dinas perhubungan untuk mengikuti uji emisi gratis.
SELASA, 27 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...