Pemkot Semarang Bangun 20 Sumur Resapan Air di Lapangan Pancasila

Pengerjaan sumur resapan
SEMARANG — Ada pemandangan yang berbeda saat melintasi seputaran kawasan Simpang Lima yang menjadi   salah satu ikon Kota Semarang, Jawa Tengah. Di pinggir lapangan tampak berbagai macam material bahan bangunan, mulai dari batu bata, semen, pasir, batu kerikil dan peralatan bangunan tertata dengan baik.
Terlihat beberapa pekerja sedang sibuk menyelesaikan pekerjaannya masing – masing, hal ini rupanya terkait dengan upaya Pemkot Semarang yang sedang ” Ngebut ” membenahi dan mempercantik kawasan Simpang Lima Kota Semarang.
Di pinggir lapangan Pancasila seluruhnya sedang dibangun taman bunga, selain itu Pemkot Semarang tengah menyelesaikan pembuatan 20 sumur resapan air. Sumur resapan tersebut nantinya akan berfungsi untuk mengurangi genangan air di musim penghujan dan sebagai sumber air jika sewaktu – waktu dibutuhkan.
Selain itu Pemkot Semarang juga akan membangun tandon air raksasa di tengah lapangan, yang nantinya difungsikan untuk menyirami tanaman dan rumput tanpa perlu menggunakan truk tangki yang selama ini mondar – mandir menyirami tanaman yang ada di lapangan setiap hari.
Pantauan Cendana News di lokasi, saat ini proses pembuatan sekitar 20 sumur resapan masih terus berlangsung, terlihat beberapa pekerja masih menggali tanah dan mengecor semen untuk membangun dinding – dinding sumur bagian dalamnya.
Margono, salah satu pekerja, ketika ditemui Cendana News di lokasi mengatakan, pihaknya sedang menyelesaikan pembuatan sebanyak 20 sumur resapan, rata – rata semuanya memiliki kedalaman 2,5 meter dengan diameter 1,10 meter.
Margono menjelaskan, untuk menyelesaikan satu lubang sumur resapan, akan membutuhkan waktu 2 – 3 hari.
“Tergantung didalamnya ada bebatuannya apa tidak, kalau yang digali seluruhnya berupa tanah paling 2 hari sudah rampung,” pungkasnya.
JUMAT, 09 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...