Penumpang Kapal Laut di Balikpapan Meningkat 113 Persen

loket pembelian tiket kapal
BALIKPAPAN — PT Pelni (Persero) Balikpapan mencatat ada kenaikan jumlah penumpang yang diangkut kapalnya. Hal itu tercatat dari bulan September 2014 ke September 2015 naik 113 persen.
GM Pelni cabang Balikpapan, Nawawi Kamarullah
General Manager (GM) cabang Balikpapan, Nawawi Kamarullah menyebutkan, ada sejumlah faktor pendukung naiknya penumpang yang menggunakan jasa angkutan kapal. Diantaranya melemahnya daya beli akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi, dan yang utama adalah penumpang sudah merasa nyaman menggunakan moda transportasi laut, serta harga yang mudah dijangkau penumpang.
 “Sudah familiar naik kapal. Apalagi kalau penumpang barang bawaannya banyak, dan mereka pasti memilih naik kapal,” ungkap Nawawi dengan lugas. 
Dari catatan Pelni di Balikpapan, penumpang yang terangkut sepanjang tahun 2014 sebanyak 108 ribu. Dan hingga awal oktober 2015 sudah terangkut sekitar 84 ribu. Adapun target penumpang hingga akhir tahun capai 112 ribu. 
Nawawi menjelaskan, dengan naiknya jumlah penumpang maka otomatis mengerek kenaikan pendapatannya. Kenaikan penumpang terjadi pada bulan Ramadan, libur sekolah dan akhir tahun. 
“Saat ini rata-rata penumpang yang terangkut perbulan sekitar 9 ribuan, ” terangnya. 
Saat ini ada 4 armada Pelni yang berangkat dari Pelabuhan Semayang. 3 armada berkapasitas 2 ribu penumpang yakni KM Dorolonda yang menuju pulau Jawa, KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu yang melintas ke KTI. 1 armada lainnya memiliki daya angkut 1.000 penumpang yakni KM Binaiya dengan rute KTI melalui Grogot.
Ia optimis hingga akhir tahun jumlah penumpang yang terangkut dapat mencapai target. Karena rata-rata perbulan saja capai 9 ribuan. 
Sementara itu, ketika disinggung mengenai kabut asap yang terjadi selama dua bulan terakhir ini lanjut Nawawi belum menganggu aktivitas pelayaran. 
MINGGU, 25 Oktober 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...