Peran Orang Tua Penting dalam Tumbuh Kembang Psikologi Anak

Keceriaan anak-anak [ilustrasi]
SURABAYA — Pakar psikologi anak, Primatia Yogi Wulandari, M.Si menyebutkan, perhatian orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang psikologi Anak. Terutama pada umur dibawah lima tahun (Balita). Namun terkadang, karena kesibukan orang tua menyebabkan anak lebih banyak dengan pengasuh.
“Hal ini sangat berbahaya bagi perkembangan anak itu sendiri,”terangnya kepada Cendana News di Surabaya, Selasa (06/10/2015).
Disebutkan, dalam masa tumbuh kembang anak, perhatian dan kasih sayang dari orang tua sangat mempengaruhi karakternya. Sifat anak adalah meniru atau mencontoh prilaku dari orang di sekitarnya, baik itu keluarga, lingkungan hingga pengasuh.
Anak yang kurang perhatian memiliki cara tersendiri untuk mendapatkannya, seperti tidak mau mendengarkan apa yang disuruh oleh orang tua, berbuat seenak hatinya, berani kepada orang tua dan lain-lain.
Selain itu, jika orang tua dibantu dalam mengurus anak dengan seorang pengasuh, hal yang paling penting diperhatikan yakni peraturan dan tindakan orang tua dengan pengasuh harus sejalan. Agar anak tidak mengalami kebingungan dalam apa yang akan diikutinya.
“Nanti anak bisa bingung dengan aturan yang berbeda antara orang tua dan pengasuh,”terang dosen psikologi pendidikan dan perkembangan fakultas psikologi UNAIR ini.
Meski ada pengasuh, namun perhatian orang tua harus lebih dominan, sehingga sosok orang tua dimata anak lebih dominan daripada pengasuh.
“Pengasuh boleh, tapi orang tua yang harus tetap mendidik dan mengawasi anak-anak dalam pembentukan karakter nantinya,”tandasnya.
SELASA, 06 Oktober 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...