Peringati Bulan Bahasa, Universitas Negeri Malang Gelar Lomba LACBI

Kegiatan Bulan Bahasa
MALANG — Dalam rangka untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia (HMJSASINDO) Universitas Naegeri Malang (UM) menggelar berbagai jenis acara dan juga lomba. 
Koordinator kegiatan, Bunga menjelaskan, peringatan Bulan Bahasa merupakan salah satu program kerja dari HMJSASINDO yang digelar pada setiap tahunnya. Pada tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Rasa Cinta Budaya Indonesia di Era Globalisasi melalui Kreativitas Berbahasa dan Bersastra”. Diharapkan pelajar dan mahasiswa dapat meningkatkan kecintaan pada bahasa, sastra, dan budaya bangsa sendiri.
“Berbagai acara dan lomba sudah kami persiapkan untuk memperingati bulan bahasa tahun ini, salah satunya yaitu Lomba Adu Cinta Bahasa Indonesia,”ungkapnya di Malang, Kamis (08/10/2015).
Icon Bulan Bahasa UNM
Bunga menjelaskan, peserta lomba LACBI yang diadakan hari ini Kamis 8 Oktober 2015 di Aula Fakultas Sastra Gedung E6 Lantai 2 Universitas Negeri Malang berasal dari SMA sederajat se-Jawa Timur. Setiap sekolah maksimal hanya boleh mengirimkan 5 delegasi untuk mengikuti lomba, dan saat ini sudah ada 46 peserta yang sudah mendaftar.
Akan ada empat tahap dalam lomba LACBI. Tahap pertama yaitu peserta akan mengerjakan soal pilihan ganda dan esai. Dari 46 peserta yang mengikuti tahap pertama akan disaring menjadi 30 orang peserta yang berhak untuk mengikuti tahap kedua yaitu membuat artikel.
Pada tahap kedua, peserta akan disaring kembali menjadi 15 orang peserta untuk maju ke tahap selanjutnya yaitu tahap Cerdas Cermat. Pada tahap ini, peserta akan diberi soal rebutan dan akan diambil lima orang peserta untu masuk ke babak terakhir yaitu pidato.
“Pada tahap pidato ini baru akan ditentukan oleh juri siapa saja yang menjadi juara satu, dua, tiga dan juara harapan,” urainya.
Selain lomba LACBI, beberapa acara yang sudah kami laksanakan diantaranya seminar nasional mengenai Literasi Media untuk Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa, lomba video dokumenter untuk tingkat SMA sederajat se-Malang Raya dan pidato Bahasa Jawa. Sedangkan acara dan lomba yang baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober ini adalah Festival teater untuk tingkat SMP dan SMA, pelatihan perpustakaan digital dan yang terakhir yaitu Expo Sasindo yang akan diisi stan-stan kewirausahaan dan juga taman baca.
KAMIS, 08 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...