Peringati Pertempuran Lima Hari, Beberapa Jalan di Semarang Ditutup

Monumen Tugu Muda di kota Semarang
SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang berencana akan menutup lima ruas jalan protokol di kawasan bundaran Tugu Muda, kota Semarang, hal ini terkait dengan rencana persiapan gladi bersih hingga pelaksanaan upacara peringatan Pertempuran Lima Hari.
Penutupan direncanakan mulai nanti sore, Senin (12/10/2015) hingga Selasa menjelang H-1, mulai pukul 16:30 WIB hingga pukul 22:00 WIB. Sedangkan lima ruas jalan yang akan ditutup antara lain, Jalan Pandanaran depan Eka Karya, Jalan Siliwangi depan Hotel Siliwangi, Jalan Imam Bonjol depan kampus Untag, Jalan Pemuda depan Paragon Mall dan Jalan Dr. Soetomo depan Gedung PKK.
Upacara peringatan Pertempuran Lima Hari akan dilaksanakan pada hari Rabu (14/10/2015) mulai pukul 18:30 WIB hingga pukul 22:00. Direncanakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan menjadi Inspektur upacara, sedangkan sebagai komandan upacara dipimpin oleh Kapten Infantri Taryono, yang sehari – harinya berdinas di Kodim 0733 Kota Semarang.
Achyani, Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang mengatakan, selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu pekan ini, lima ruas jalan di kawasan ,bundaran Simpang Lima akan didutup.
“Terkait dengan gladi bersih dan pelaksanaan upacara peringatan Pertempuran Lima Hari, ” terangnya.
Achyani menerangkan, peserta upacara yang ikut dalam peringatan Pertempuran Lima Hari sebanyak 36 Peleton, terdiri dari TNI, POLRI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat dan Pramuka.
Sementara itu, acara inti peringatan upacara tersebut adalah saat mengenang ” detik – detik ” Pertempuran Lima Hari di Semarang, dengan tanda bunyi sirine, tembakan dan ledakan selama dua menit. 
Selama dua menit, seluruh lampu penerangan yang ada di bundaran Tugu Muda akan dimatikan sementara dan akan diganti dengan penerangan dari nyala obor.
Ditemui di tempat terpisah, Agus Harmunanto, Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi ( Dishubkominfo ) Kota Semarang menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Semarang sudah menyiapkan beberapa jalan alternatif dan menempatkan puluhan petugas untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas.
SENIN, 12 Oktober 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...